Kerang-kerang Tertarik dengan Lampu Perangkap Kepiting/Lobster

Lampu LED yang dipasang pada perangkap lobster dan kepiting. (Foto: University of Exeter)

KBRN, Exeter: Kawanan kerang tertarik pada perangkap kepiting dan lobster yang menyala, seperti ngengat pada api, menurut penelitian terbaru University of Exeter

Studi tersebut meneliti efek lampu LED pada perangkap kepiting dan lobster yang digunakan kapal penangkap ikan di lepas pantai Cornwall, Inggris, dan tim peneliti - termasuk perusahaan teknik Fishtek Marine dan University of Exeter - tercengang dengan hasilnya.

Lebih dari 500 kerang ditangkap - 99,6% di antaranya dalam perangkap dengan lampu - dan video menunjukkan kerang menumpuk di dalam pot.

Kerang liar biasanya ditangkap dengan menggunakan kapal keruk dan pukat, sehingga temuan ini memberikan peluang untuk mengembangkan metode penangkapan ikan berdampak rendah yang baru untuk makanan laut dengan harga tinggi.

"Kami sedang mengerjakan lampu untuk perangkap kepiting dan lobster dan saya memberikannya kepada seorang nelayan untuk diuji," kata Dr Rob Enever, kepala sains dan penyerapan di Fishtek.

"Dia memberi tahu saya bahwa lampu tidak membuat perbedaan pada kepiting atau lobster, tetapi dia melihat cukup banyak kerang di perangkapnya."

"Kami memutuskan untuk menguji ini dengan benar dalam penelitian ini. Ketika saya melihat hasilnya, saya tidak bisa mempercayai mata saya," katanya lagi, seperti dikutip dari University of Exeter, Kamis (19/5/2022).

"Perahu yang hanya melihat dua atau tiga kerang di perangkap mereka setiap tahunnya sekarang melihat 20 atau lebih dalam satu perangkap. Kami telah menemukan sesuatu yang sangat mencengangkan di sini."

"Ini bisa menjadi peluang nyata bagi nelayan kepiting dan lobster, karena lampu tampaknya tidak mengurangi jumlah kepiting dan lobster yang bisa mereka tangkap -- mereka hanya membawa tambahan kerang."

Pekerjaan lebih lanjut direncanakan musim panas ini untuk mengoptimalkan metode penangkapan ikan baru ini dengan menguji coba lampu yang berbeda, desain perangkap di berbagai wilayah Inggris untuk membangun perikanan baru, berdampak rendah, dan layak secara komersial untuk kerang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar