YouTube Pertimbangkan Fitur Baru untuk NFT

Foto: ist

KBRN, Jakarta: YouTube dikabarkan mempertimbangkan fitur-fitur baru untuk para kreator video di platformnya, agar dapat dimanfaatkan menjadi Non-Fungible Tokens (NFT) yang akhir-akhir ini naik daun dan mendapatkan sorotan.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki, dan diklaim menjadikan YouTube sebagai perusahaan teknologi yang memanfaatkan NFT sebagai bagian dari ekosistem layanannya.

"Kami selalu fokus pada perluasan ekosistem YouTube untuk membantu pembuat konten memanfaatkan teknologi baru, termasuk hal-hal seperti NFT, sambil terus memperkuat dan meningkatkan pengalaman yang dimiliki pembuat dan penggemar di YouTube," tulis CEO YouTube Susan Wojcicki dalam sebuah surat di prioritas perusahaan untuk 2022 seperti dilansir dari Reuters, Rabu (26/1/2022).

NFT merupakan jenis aset digital yang dicatat dalam teknologi blockchain. Dalam dua tahun terakhir NFT semakin digemari dan menjadi semakin populer dalam waktu setahun terakhir.

Banyak investor khususnya anak muda yang membeli karya seni hingga video yang telah berbentuk NFT dan membuatnya kini setara sebagai aset investasi.

Sepanjang 2021, penjualan NFT ternyata telah mencapai 25 miliar dolar AS atau setara Rp358 triliun dalam waktu singkat.

Seorang juru bicara YouTube Alphabet Inc menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang fitur NFT potensial itu.

Sebenarnya selain Google, perusahaan teknologi lainnya yaitu Twitter sudah memulai inisiasi terhubung dengan ekosistem NFT.

Pekan lalu, Twitter Inc mengumumkan peluncuran alat yang dapat dimanfaatkan penggunanya menampilkan NFT sebagai gambar profil heksagonal.

The Financial Times melaporkan bulan ini bahwa Meta Platforms Inc sedang mengerjakan cara untuk memungkinkan pengguna membuat dan menjual NFT di Facebook dan Instagram.

Pada bulan Desember, kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan perusahaan sedang menjajaki NFT.

Ada juga kabar dari aplikasi asal China yaitu TikTok yang pada September 2021 telah mengumumkan koleksi NFT yang dirancang oleh beberapa pembuat konten kreator populernya.

Tak hanya itu Reddit Inc juga telah menjelajahi ruang digital bersama NFT dan kini tengah mencari para ahli untuk mengembangkan ekosistem NFT untuk layanan mereka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar