Menakjubkan! Ikan Berkepala Transparan, Bola Matanya Hijau

(MBARI)
(MBARI)

KBRN, Monterey Bay: Masih sangat banyak misteri dari kehidupan di dalam laut yang terus membuat manusia takjub, dan eksplorasi yang dilakukan para peneliti membuat kita memahami masih banyak yang belum diketahui manusia hingga saat ini.

Salah satunya adalah ikan barreleye (Macropinna microstoma) yang hidup di laut dalam. Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) mengungkapkan temuannya itu dalam kanal Youtube miliknya pada Jumat (10/12/2021).

"Ikan yang hidup di laut dalam ini dapat melihat melalui dahi mereka sendiri," ungkap MBARI dalam penjelasan di situsnya, dikutip Minggu (12/12/2021).

"Bahkan di dunia yang penuh dengan adaptasi untuk dapat melihat dalam kegelapan total, ikan barreleye (Macropinna microstoma) menonjol sebagai salah satu yang paling aneh. Dua lekukan kecil di mana mata biasanya muncul pada ikan sebenarnya adalah organ penciuman barreleye, dan matanya adalah dua bola hijau bercahaya di belakang wajahnya yang menatap ke arah atas kepalanya," kata mereka.

Ikan laut dalam telah beradaptasi dengan lingkungan gelap gulita mereka dengan berbagai cara yang menakjubkan. Beberapa spesies ikan air dalam, yang masuk famili Opisthoproctidae, disebut “barreleye” karena matanya berbentuk tabung. Barreleye biasanya hidup di dekat kedalaman di mana sinar matahari dari permukaan memudar menjadi gelap total. Mereka menggunakan mata tubular ultra-sensitif untuk mencari siluet samar mangsa di atas kepalanya.

Dari video tangkapan ROV juga terungkap fitur yang belum pernah dijelaskan sebelumnya dari ikan ini – matanya dikelilingi pelindung transparan berisi cairan yang menutupi bagian atas kepala ikan.

"Kendaraan Ventana dan Doc Ricketts milik MBARI yang dioperasikan dari jarak jauh sudah mencatat lebih dari 5.600 penyelaman yang sukses dan merekam lebih dari 27.600 jam video—namun kami hanya bertemu ikan ini sembilan kali!" jelasnya di kanal Youtube MBARI.

"Akuaris Tommy Knowles dan timnya tengah berada di atas Rachel Carson milik MBARI dengan kendaraan bawah air (ROV) Ventana kami untuk mengoleksi sejumlah ubur-ubur dan ubur-ubur sisir untuk pameran Into the Deep Aquarium mendatang ketika mereka melihat ikan yang menakjubkan ini. Tim berhenti untuk mengagumi Macropinna sebelum ikan ini berenang menjauh," tambahnya lagi.

Pada tahun 2009, peneliti MBARI menunjukkan bahwa ikan ini dapat memutar matanya ke depan untuk melihat makanannya saat makan. Sebelum itu, para ilmuwan percaya bahwa tatapan mata barreleye itu tetap menatap lurus ke atas. Para peneliti mengira bahwa ikan itu melayang di bawah tentakel siphonophore untuk mencuri makanan.

Ikan ini pertama kali diketahui pada tahun 1939 dengan ukuran panjang 15 cm dan hidup di kedalaman 600–800 meter di habitat kawasan perairan laut tengah. Makanannya adalah zooplankton, termasuk krustasea dan siphonophores. Keberadaannya diketahui berada di Laut Bering hingga ke Jepang dan Baja California.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar