Foto Nebula Udang Mengambang di Luar Angkasa

(NASA)

KBRN, Washington: Teleskop Luar Angkasa Hubble berhasil menangkap pemandangan menakjubkan Nebula Udang yang mengambang di luar angkasa.

Nebula Udang, yang resminya dikenal sebagai IC 4628, adalah nebula emisi yang terletak 6.000 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Scorpius. Nebula, atau awan gas dan debu antarbintang, terbentuk setelah ledakan bintang besar; pada gilirannya, materi antarbintang ini memberi kehidupan bagi bintang-bintang baru.

Membentang lebih dari 250 tahun cahaya, IC 4628 diyakini sebagai pembibitan bintang besar, tempat bintang-bintang baru terbentuk. Para ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai nebula emisi karena gasnya telah diberi energi, atau terionisasi, oleh radiasi bintang-bintang di dekatnya. Proses itu menghasilkan elektron yang memancarkan kembali energi yang diserap dalam bentuk cahaya inframerah, menurut pernyataan dari NASA, seperti dikutip dari Space.com, Minggu (28/11/2021).

Namun, mata manusia tidak dapat mendeteksi jenis cahaya ini, membuat IC 4628 sangat redup bagi penonton di Bumi. Mengingat titik pandang Hubble di luar angkasa dan jangkauan kameranya, teleskop ini dapat melihat dari dekat struktur nebula, termasuk area terang dari gas bercahaya dan formasi bintang yang menyilaukan.

Dalam gambar Hubble baru-baru ini, yang menangkap sebagian kecil wilayah pembentukan bintang nebula yang luas, pusaran debu dan gas merah menunjukkan adanya emisi besi terionisasi (Fe II), menurut pernyataan itu.

Gambar terbaru diambil menggunakan Wide Field Camera 3 Hubble sebagai bagian dari inisiatif yang lebih besar untuk menyurvei bintang berukuran besar dan menengah yang masih dalam tahap awal pengembangan, juga dikenal sebagai protobintang.

"Para astronom menggunakan sensitivitas inframerah dari Wide Field Camera 3 Hubble untuk mencari hidrogen yang terionisasi oleh sinar ultraviolet yang terionisasi oleh protobintang, jet dari bintang, dan fitur lainnya," menurut pernyataan NASA.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar