Para Astronom Temukan Planet Bayi

(Phys.org)

KBRN, Hawai'i: Salah satu planet termuda yang pernah ada di sekitar bintang bayi yang jauh berhasil ditemukan oleh tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Universitas Hawaiʻi.

Ribuan planet telah ditemukan di sekitar bintang lain, tetapi yang membedakan planet ini adalah planet ini baru terbentuk dan dapat diamati secara langsung, yang dinamai planet 2M0437b. Penelitian mendalam baru-baru ini diterbitkan di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

"Penemuan kebetulan ini menambah daftar elit planet yang dapat kita amati secara langsung dengan teleskop kita," jelas penulis utama Eric Gaidos, seorang profesor di Departemen Ilmu Bumi UH Mānoa. 

"Dengan menganalisis cahaya dari planet ini, kita dapat mengatakan sesuatu tentang komposisinya, dan mungkin di mana dan bagaimana ia terbentuk dalam piringan gas dan debu yang telah lama menghilang di sekitar bintang induknya," katanya, seperti dikutip dari Phys.org, Minggu (24/10/2021).

Para peneliti memperkirakan bahwa planet ini beberapa kali lebih besar dari Jupiter, dan terbentuk dengan bintangnya beberapa juta tahun yang lalu, sekitar waktu Kepulauan Hawaii utama pertama kali muncul di atas lautan. Planet ini sangat muda sehingga masih panas dari energi yang dilepaskan selama pembentukannya, dengan suhu yang mirip dengan lava yang meletus dari Gunung Kīlauea.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00