Gelombang Radio Aneh Muncul dari Pusat Galaksi

(University of Sydney)

KBRN, Sydney: Para astronom menemukan sinyal tidak biasa yang datang dari arah pusat Bima Sakti. Gelombang radio ini tidak cocok dengan pola sumber radio variabel yang saat ini dipahami dan kemungkinan dimasukkan dalam kelas baru objek bintang.

“Sinyal yang paling aneh dari sinyal baru ini adalah memiliki polarisasi yang sangat tinggi. Ini berarti cahayanya berosilasi hanya dalam satu arah, tetapi arah itu berputar seiring waktu, ”kata Ziteng Wang, penulis utama studi baru dan mahasiswa PhD di School of Physics di University of Sydney.

“Kecerahan objek juga bervariasi secara dramatis, dengan faktor 100, dan sinyal menyala dan mati tampaknya secara acak. Kami belum pernah melihat yang seperti itu,” katanya, seperti dikutip dari University of Sydney, Rabu (13/10/2021).

Banyak jenis bintang memancarkan cahaya variabel melintasi spektrum elektromagnetik. Dengan kemajuan luar biasa dalam astronomi radio, studi tentang objek variabel atau sementara dalam gelombang radio adalah bidang studi yang sangat besar yang membantu kita mengungkap rahasia Semesta. Pulsar, supernova, bintang yang berpendar, dan semburan radio cepat adalah semua jenis objek astronomi yang kecerahannya bervariasi.

“Awalnya kami mengira itu bisa jadi pulsar – jenis bintang mati berputar yang sangat padat – atau jenis bintang yang memancarkan semburan matahari besar. Tetapi sinyal dari sumber baru ini tidak sesuai dengan apa yang kami perkirakan dari jenis benda langit ini,” kata Wang.

Penemuan objek tersebut telah dipublikasikan di Astrophysical Journal.

Wang dan tim internasional, termasuk ilmuwan dari badan sains nasional Australia CSIRO, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Spanyol, dan Prancis menemukan objek tersebut menggunakan teleskop radio ASKAP CSIRO di Australia Barat. Pengamatan lanjutan dilakukan dengan teleskop MeerKAT milik South African Radio Astronomy Observatory.

Supervisor PhD Wang adalah Profesor Tara Murphy juga dari Sydney Institute for Astronomy dan School of Physics.

Profesor Murphy mengatakan: “Kami telah mengamati langit dengan ASKAP untuk menemukan objek baru yang tidak biasa dengan proyek yang dikenal sebagai Variabel dan Transien Lambat (VAST), sepanjang tahun 2020 dan 2021.

“Melihat ke arah pusat Galaksi, kami menemukan ASKAP J173608.2-321635, dinamai sesuai koordinatnya. Objek ini unik karena awalnya tidak terlihat, menjadi terang, memudar dan kemudian muncul kembali. Perilaku ini sangat luar biasa.”

Setelah mendeteksi enam sinyal radio dari sumber selama sembilan bulan pada tahun 2020, para astronom mencoba menemukan objek dalam cahaya visual. Mereka tidak menemukan apa-apa.

Mereka beralih ke teleskop radio Parkes dan sekali lagi gagal mendeteksi sumbernya.

Profesor Murphy berkata, “Kami kemudian mencoba teleskop radio MeerKAT yang lebih sensitif di Afrika Selatan. Karena sinyalnya terputus-putus, kami mengamatinya selama 15 menit setiap beberapa minggu, berharap kami akan melihatnya lagi."

“Untungnya, sinyalnya kembali, tetapi kami menemukan bahwa perilaku sumbernya sangat berbeda – sumbernya menghilang dalam satu hari, meskipun telah berlangsung selama berminggu-minggu dalam pengamatan ASKAP kami sebelumnya.”

Namun, penemuan lebih lanjut ini tidak mengungkapkan lebih banyak tentang rahasia sumber radio sementara ini.

Co-supervisor Mr Wang, Profesor David Kaplan dari University of Wisconsin-Milwaukee, mengatakan, “Informasi yang kami miliki memiliki beberapa kesamaan dengan kelas lain yang muncul dari objek misterius yang dikenal sebagai Galactic Center Radio Transients, termasuk yang dijuluki 'cosmic burper'."

Para ilmuwan berencana untuk terus mengawasi objek tersebut untuk mencari lebih banyak petunjuk tentang apa yang mungkin terjadi.

“Dalam dekade berikutnya, teleskop radio lintas benua Square Kilometer Array (SKA) akan online. Itu akan dapat membuat peta sensitif langit setiap hari,” kata Profesor Murphy. “Kami berharap kekuatan teleskop ini akan membantu kami memecahkan misteri seperti penemuan terbaru ini, tetapi juga akan membuka petak-petak kosmos baru yang luas untuk dieksplorasi dalam spektrum radio.”