FASTLab, Kapal Vaksinasi Inovasi Anak Negeri

KBRN,  Jakarta : Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam proses percepatan vaksinasi covid 19 yang saat ini sedang digencarkan pemerintah. 

Dalam rangka mendukung program dari Watimpres, Pemerintah Kepulauan Seribu dan Polda Metro Jaya dalam percepatan program vaksinasi Covid 19 bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Seribu, FASTLab yang merupakan brand atau merek milik PT Inti Dharma Global Indo, memberikan dukungan dengan menggelar program vaksinasi covid 19 dosis kedua untuk masyarakat di Pulau Tidung.

Program vaksinasi Covid 19 yang dilaksanakan pada 23 – 24 September 2021 tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Kesehatan RI bapak Budi Gunadi Sadikin, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bapak Drs. H. Sidarto Danusubroto, S.H., Wakil Ketua MPR RI bapak Prof. Ir. H. Fadel Muhammad, Kapolda Metro Jaya yang diwakili oleh Kapolres Kepulauan Seribu, Bupati Kepulauan Seribu bapak Junaedi, S.Sos, M.Si., Wakil Bupati Kepulauan Seribu bapak Fadjar Churniawan, serta jajaran Forum Komunikasi Wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada kesempatan tersebut secara langsung membuka program vaksinasi dosis kedua di atas kapal FASTLab Ocean Combat #001, sekaligus menyampaikan harapannya melalui program ini pencapaian vaksinasi di Kepulauan Seribu bisa mencapai 90%.

Lebih jauh, menteri kesehatan juga menyampaikan apresiasi karena FASTLab telah memfasilitasi kegiatan di atas kapal FASTLab Ocean Combat #001 untuk menjangkau masyarakat yang ada di pulau-pulau.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua MPR, Prof. Ir. H. Fadel Muhammad menyampaikan bahwa vaksinasi di daerah kepulauan seperti yang dilaksanakan oleh FSTLAB ini menjadi sangat penting. Oleh karenanya mewakili MPR, ia menyambut baik atas dilaksanakannya program vaksinasi di Pulau Tidung tersebut.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Drs. H. Sidarto Danusubroto, S.H., dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas inovasi anak negeri berupa Kapal Vaksinasi Ocean Combat #001, dan diharapkan akan disusul kapal kedua,, ketiga dan seterusnya sehingga mampu menjangkau masyarakat yang ada di pulau-pulau di Indonesia.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi dalam sambutannya menyampaikan harapannya program vaksinasi yang digelar FASTLab dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga mampu mendorong percepatan program vaksinasi di Kepulauan Seribu yang saat ini capaiannya telah mendapatkan predikat baik. 

President Director FASTLab, Mariana dalam Rilisnya  yang di terima RRI,  Jumat (24/09/2021) menyampaikan bahwa, program vaksinasi covid 19 yang diselenggarakan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu ini penyelenggara menyediakan lebih dari 1000 vaksin untuk dosis kedua dan dilaksanakan di atas kapal FASTLab Ocean Combat #001. 

“Melalui pelaksanaan vaksinasi masyarakat di Pulau Tidung bersama FASTLab Ocean Combat ini kami harapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu untuk dapat memenuhi target kekebalan kelompok,sehingga pariwisata di Kepulauan Seribu segera dapat dibuka agar ekonomi segera bangkit,” jelas Mariana.

Bertepatan dengan program serbuan vaksinasi Covid 19 yang dipusatkan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, FASTLab juga memperkenalkan prototipe kapal vaksinasi bernama FASTLab Ocean Combat #001 yang merupakan kapal vaksinasi inovasi anak negeri guna mendukung percepatan program vaksinasi Covid 19 bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan.

FASTLab Ocean Combat merupakan jenis kapal Catamaram sehingga memiliki keseimbangan yang baik dan dilengkapi dengan fasilitas pemeriksaan khusus penyakit menular seperti COVID-19. Ocean Combat memiliki kapasitas laboratorium 1000 tes PCR perhari, kemampuan screening dan vaksinasi sebanyak 500 per hari, kecepatan 1000 tes RDT – Ag perhari, dan didukung dengan fasilitas kontrol yang lengkap dari kabin, kamar atau ruangan multifungsi yang dilengkapi dengan ventilator, tabung gas dan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00