PON Papua: Ini Lima Jenis Game Esports

(Doc. Moonton)

KBRN, Jakarta: PON XX Papua 2021 resmi menghadirkan esports untuk cabang olahraga yang dipertandingkan.

Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 Gloria Famiela mengatakan dalam agenda olahraga tersebut nantinya akan ada lima gim yang akan digelar di pertandingan ekshibisi.

Berikut lima gim yang dimainkan:

1. Free Fire

Garena Free Fire atau biasa disebut Free Fire (sering disingkat FF) adalah permainan battle royale yang dikembangkan oleh 111 Dots Studiodan diterbitkan oleh Garena untuk Android dan iOS.

Itu menjadi permainan seluler yang paling banyak diunduh secara global pada tahun 2019. Karena popularitasnya, permainan ini menerima penghargaan untuk "Best Popular Vote Game" oleh Google Play Store pada tahun 2019.

Pada Mei 2020, Free Fire telah mencetak rekor dengan lebih dari 80 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia.

Pada November 2019, Free Fire telah mendapat lebih dari US$1 miliar di seluruh dunia. Garena saat ini sedang mengerjakan versi Free Fire yang disempurnakan yang akan disebut Free Fire Max.

Gameplay Free Fire adalah dimana semua pemain dikerahkan dengan pesawat dan wajib melakukan terjun bebas. Tiap pemain juga harus mencari senjata dan peralatan medis ketika dikirim untuk bertarung melawan pemain lain dan bertahan hidup.

Di tengah permainan nanti akan ada pesawat yang lewat dan meluncurkan airdrop dalam bentuk kotak besar berisi rompi anti peluru, helm, senjata khusus seperti AWM, Groza, M79 dan M249 ataupun senapan mesin. Menemukan airdrop juga tidak sulit. Kotak ini akan memancarkan garis vertikal atau lurus dari langit dengan cahaya kuningnya. Untuk lebih memanjakan pemain, Free Fire memberi indikator untuk barang-barang dalam airdrop. 

Jika semuanya telah diambil, cahayanya akan hilang, dan sebaliknya cahayanya akan tetap menyala jika ada elemen yang belum diambil.Pada waktu-waktu tertentu permainan, Zona Bahaya akan muncul, lingkaran zona bahaya akan berwarna merah jika dilihat dari peta. Di daerah-daerah tertentu dari zona bahaya akan terjadi ledakan.

Dalam mode squad, seseorang yang terkena ledakan akan berada dalam kondisi hit tetapi jika itu terjadi pada mode solo, pemain tersebut akan langsung mati.Waktu bermain yang lama dan peta yang luas tidak akan membuat permainan ini berakhir jika tidak ada zona bahaya. 

Di luar zona aman, darah pemain akan terus berkurang. Jika pemain berada di area aman yang terlalu kecil, adrenalin pemain akan ikut meningkat mengingat sebentar lagi pemain harus bermigrasi ke zona lain.Di sinilah kamu dapat melihat kualitas pemain. 

Selain kebutuhan akan keterampilan perang dan kemampuan untuk bertahan hidup, permainan bertahan hidup ini juga membutuhkan ketenangan dan keberuntungan.

2. eFootball PES 2021

eFootball PES 2021 tersedia di Playstore dan App Store pengguna iPhone. Konami telah merilis game tersebut pada tahun lalu.

Menurut Konami, eFootball PES 2021 merupakan versi update eFootball PES 2020 dengan konten yang lebih baru tentunya. Anda bisa bermain dengan tim-tim sepak bola papan atas Eropa berlisensi resmi. 

Misalnya, FC Barcelona, Manchester United, Juventus, FC Bayern Munchen, serta kerjasama ekslusif terbarunya bersama AS Roma. Dalam kerjasama ekslusif terbarunya dengan AS Roma, eFootball PES 2021 juga menghadirkan mode baru. 

Selain itu, Anda juga bisa menghidupkan para legenda melalui fantasy league. Sejumlah pemain legenda seperti D. Beckham, F. Totti, D. Marradona, G. Batistuta,  S. Gerrard, Fernando Torres, dan K. Rummenigge. Buat Anda yang haus akan tantangan juga bisa tanding secara online dengan player di seluruh dunia. Dan masih banyak konten menarik lainnya di eFootball PES 2021.

3. Mobile Legends

ML adalah sebuah permainan peranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, anak usaha dari ByteDance.

ML sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan basis-basis.

Pada dasarnya karakter pada mobile legends dibedakan menjadi 6 role diantaranya; Marksman, Fighter, Tank, Mage, Assasin dan Support.

Setiap role mempunyai spesialisasi dan kemampuan yang unik, total jumlah karakter hero saat ini November 2021, baik pada server original maupun advance adalah 107 hero.

Moonton secara teratur bekerjasama dengan negara-negara di Asia Tenggara yang merupakan pangsa pasar mereka dengan pemain mobile legends terbanyak di dunia dengan membuat karakter baru berlatar belakang sejarah atau cerita rakyat masing-masing negara untuk meningkatkan daya tarik permainan.

Karakter yang berdasarkan kerjasama tersebut yaitunya Lapu Lapu (Pilhipina), Minsitthar (terinspirasi dari Kyansittha; Myanmar), Kadita (terinspirasi dari Nyai Roro Kidul; Indonesia), dan Badang (Malaysia).

4. PUBG Mobile

PUBG MOBILE adalah game seluler Battle Royale yang dibuat secara independen oleh Lightspeed & Quantum Studios dari Tencent Game yang dilisensikan secara resmi oleh PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS.

 Dirilis secara global pada Maret 2018, PUBG MOBILE diciptakan dengan Unreal Engine 4 dan berfokus pada kualitas visual, peta, pengalaman menembak, serta aspek lainnya untuk memberikan pengalaman Battle Royale yang nyata bagi para pemain. 

Di Playstore, permainan ini telah dimainkan sebanyak lebih dari 50 juta pengguna Android seluruh dunia. Spesifikasi ponsel pintar untuk memainkan PUBG adalah 2Gb/16Gb (versi lite) tetapi disarankan 4Gb/64Gb dan 6Gb/128Gb (versi asli). LightSpeed & Quantum Studio, divisi internal dari Tencent Games, mengembangkan versi Android dan iOS untuk permainan ini.

5. Lokapala

Lokapala game MOBA buatan developer Indonesia yaitu Anantarupa Studios. Karakter dalam game Lokapala diberinama ksatria dan setiap ksatria mempunyai role dan peran masing-masing. Anantarupa memberikan update 6 role para ksatria didalam gamenya. 

Keenam role yang ada tersebut adalah Assassin, Fighter, Mage, Marksman, Support, dan Tank. Setiap role dalam game tersebut mempunyai gaya permainan sendiri-sendiri dan disesuaikan dengan komposisi tim dalam permainan. Kerjasama setiap role akan menjadi aspek kunci untuk memenangkan permainan Lokapala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00