Misi Astronot Warga SpaceX Pertama Mendarat Mulus

(Reuters)
(Reuters)

KBRN, Florida: Kuartet astronot warga yang baru dibentuk yang terdiri dari misi SpaceX Inspiration4 berhasil mendarat dengan aman di Atlantik di lepas pantai Florida pada hari Sabtu (18/9/2021), menyelesaikan penerbangan tiga hari kru sipil pertama yang pernah diluncurkan ke orbit Bumi.

Kapsul SpaceX's Crew Dragon, dijuluki Resilience, diterjunkan ke laut sekitar pukul 7 malam. EDT, sesaat sebelum matahari terbenam, setelah masuk kembali secara otomatis, SpaceX mempertontonkan selama siaran web langsung di saluran YouTube-nya.

Dalam satu jam, empat anggota awak yang tersenyum terlihat muncul satu per satu dari palka samping kapsul setelah kendaraan, yang tampak hangus di bagian luarnya, diangkat dari laut ke dek kapal pemulihan SpaceX.

Mereka empat berdiri di geladak selama beberapa saat di depan kapsul untuk melambaikan tangan dan mengacungkan jempol ke kamera. Masing-masing kemudian dikawal ke stasiun medis di atas kapal untuk pemeriksaan yang akan mereka jalani di laut.

Setelah itu, para astronot amatir ini akan diterbangkan dengan helikopter kembali ke Cape Canaveral untuk reuni dengan orang-orang terkasih, kata SpaceX, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/9/2021).

Saat kembali dari orbit diikuti terjun melewati atmosfer bumi menghasilkan panas gesekan yang membuat suhu di sekitar bagian luar kapsul melonjak ke 1.927 derajat Celcius. Pakaian penerbangan para astronot, yang dipasang pada sistem ventilasi khusus, dirancang agar tetap dingin jika kabin memanas.

Tepuk tangan terdengar dari pusat kendali penerbangan SpaceX di pinggiran kota Los Angeles saat parasut pertama terlihat keluar, memperlambat penurunan kapsul menjadi sekitar 24 kilometer per jam sebelum jatuh, dan kemudian saat pesawat menghantam air.

Para astronot kembali bersorak saat mereka melangkah ke dek kapal pemulihan.

Yang pertama keluar adalah Hayely Arceneaux, 29, asisten dokter di Pusat Penelitian Anak St. Jude di Tennessee, seorang penyintas kanker tulang masa kanak-kanak yang menjadi orang termuda yang pernah mencapai orbit Bumi pada misi Inspiration4.

Dia diikuti secara berurutan oleh geoscientist dan mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor, 51, insinyur data kedirgantaraan dan veteran Angkatan Udara Chris Sembroski, 42, dan akhirnya dermawan miliarder kru dan "komandan misi" Jared Isaacman, 38.

SpaceX, perusahaan peroketan swasta yang didirikan oleh CEO pembuat mobil listrik Tesla Elon Musk, memasok pesawat ruang angkasa, meluncurkannya, menerbangkannya dari markas besar perusahaan di pinggiran kota Los Angeles dan menangani operasi pemulihan.

Tim Inspiration4 meluncur pada hari Rabu dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral di atas salah satu roket Falcon 9 dua tahap SpaceX yang dapat digunakan kembali.

Dalam waktu tiga jam, kapsul kru telah mencapai ketinggian orbit jelajah lebih dari 585 km - lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau Teleskop Luar Angkasa Hubble, dan yang terjauh yang pernah diterbangkan manusia dari Bumi sejak program bulan Apollo NASA berakhir pada tahun 1972.

Ini juga menandai penerbangan debut bisnis pariwisata ruang angkasa baru Musk dan lompatan di depan para pesaing yang juga menawarkan tumpangan kapal roket kepada para pelanggan kaya yang bersedia membayar sedikit uangnya untuk merasakan kegembiraan luar angkasa dan mendapatkan lencana astronot amatir.

"Itu adalah perjalanan yang luar biasa bagi kami," Isaacman, kepala eksekutif perusahaan e-commerce Shift4 Payments Inc (FOUR.N), mengirim radio dari dalam kapsul beberapa saat setelah mendarat di air. "Kita baru saja mulai."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00