Ini 5 Tips Aman Memakai WA Web

KBRN, Jakarta: Hadirnya WA web memang memberikan kebutuhan pada semua orang. Mereka bisa melakukan komunikasi dengan lebih lancar dan juga lega. Apalagi layar pada komputer cukup lebar sehingga pengelolaan akun bisa berjalan dengan baik. Bahkan proses setting bisa berjalan dengan cepat.

Sayangnya meski bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik apabila ingin menggunakan WhatsApp versi web. Kamu harus memakai beberapa tips di bawah ini agar platform berjalan dengan baik dan tetap aman seperti yang kami kutip dari laman suratkabar.id berikut ini:

1. Tidak Memakai Komputer Umum

Jika akan menggunakan WhatsApp versi web ada baiknya untuk tidak menggunakan komputer umum. Hal ini juga berlaku jika kamu meminjam laptop atau komputer milik orang lain meskipun mereka adalah sahabat ataupun keluarga sekalipun.

Apabila melakukan itu maka ada kemungkinan akun Whatsapp akan tersangkut di sana. Jadi meski sudah menghapus atau mematikan browser saat dibuka lagi akun Whatsapp akan langsung menuju ke akun milik Anda.

Sebenarnya tidak masalah jika ingin menggunakan perangkat milik orang lain. Meski demikian ada satu syarat yang harus dipenuhi yaitu dengan rutin melakukan rokok terlebih. Begitu akun tidak akan muncul meski mereka membuka Whatsapp web.

2. Melakukan Logout Setelah Pakai

Ada baiknya untuk selalu melakukan logout setelah selesai menggunakan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya cara ini dilakukan agar melindungi keamanan dari akun Whatsapp yang sudah terbuka pada browser.Apabila orang lain membuka WhatsApp pada browser maka kemungkinan besar tidak akan masuk ke dalam akun yang anda miliki. Apabila akun sampai terbuka maka akan sangat berbahaya apalagi jika menggunakan komputer di tempat umum.

3. Tidak Dipakai untuk Menerima File Berbahaya

Saat menggunakan WA web ada baiknya untuk tidak menerima file berbahaya. Salah satu fungsi dari platform ini adalah memudahkan proses berbagai jenis file mulai dari gambar, video, atau file dengan ekstensi lain yang bisa saja berbahaya jika tidak sengaja terunduh.

Apabila terpaksa harus mengunduhnya maka komputer harus siap dengan antivirusnya. Anda harus menyalakan anti-virus tersebut sehingga saat file tersebut terunduh ke dalam komputer bisa langsung mendapatkan skin secara langsung.

4. Selalu Mengarsipkan Pesan

Ada baiknya untuk selalu melakukan proses backup secara berkala. Apalagi anda menggunakan akun dari WhatsApp tersebut untuk keperluan bisnis atau usaha. Jadi apapun pesan yang masuk bisa terselamatkan jika sewaktu-waktu ponsel mengalami gangguan.Proses pengarsipan bisa dilakukan dengan memanfaatkan ponsel. Selain itu Anda juga bisa mengatur sendiri kira-kira berapa durasi waktunya. Apakah akan dilakukan baik secara harian atau akan dilakukan secara mingguan.

5. Cek Notifikasi HP

Pastikan untuk selalu mengecek notifikasi pada HP jika sedang menggunakan WhatsApp versi. Rasanya jika anda mengaktifkan WhatsApp di browser akan muncul notifikasi pada ponsel yang mengatakan jika ada layar yang aktif pada browser.

Apabila sudah menggunakan dan ingin menutupnya maka cek lagi notifikasi pada HP. Apabila proses logout berjalan dengan baik maka notifikasi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Apabila notifikasinya masih ada maka kemungkinan besar akun masih tersambung dan harus diputus terlebih dahulu.

Ternyata penggunaan WA web harus diperhatikan dengan sangat baik oleh semua penggunanya. Apabila tidak dilakukan dengan sempurna maka akan terjadi beberapa masalah. Yang paling buruk adalah ada orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan akun tersebut untuk mencari untung.

Itulah kenapa pengelolaan ini harus dilakukan dengan baik dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Dengan begitu akun tetap akan terjaga dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Apalagi anda menggunakannya untuk mengelola suatu bisnis dan ingin mendapatkan untung yang besar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00