Sumbawa Tuan Rumah Kejuaraaan Dunia 'Motocross'

Pembalap Yamaha Factory MXGP Team, Jeremy Seewer dalam ajang balapan MXGP Italia, (5/5/2022). (Foto: motorsport.com)

KBRN, Jakarta: Event balapan kelas dunia di Tanah Air semakin ramai. Itu, tidak hanya MotoGP, WSBK, dan Formula E.

Tahun ini Indonesia juga akan jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) yang dijadwalkan berlangsung di Samota, Sumbawa, NTB, pada Juni 2022.

Selaku tuan rumah, Sumbawa, dengan dukungan penuh dari para stakeholder, masyarakat lokal hingga pegiat otomotif di Indonesia, terus menggenjot persiapannya untuk event bergengsi tersebut, baik dari sisi infrastruktur maupun logistik.

“Kenapa (MXGP Indonesia) di Sumbawa? Sumbawa ini adalah pulau setelah Lombok. Karena kalau kita di Lombok positioning-nya adalah MotoGP, kita ingin Sumbawa juga bisa mengguncang dunia,” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam konferensi pers MXGP of Indonesia di Jakarta dikutip dari laman motorsport.com, Kamis (20/5/2022).

Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) 2022 telah melangsungkan putaran ke-8, pada akhir pekan lalu di Sardinia, Italia. Artinya, salah satu ajang balap bergengsi itu kian dekat menyambangi Tanah Air.

Setelah dua tahun absen dari kalender MXGP, Indonesia kembali menjadi salah satu host musim ini. Kali terakhir para kroser top dunia beraksi di Tanah Air terjadi pada 2019, di Palembang dan Semarang. Kala itu bintang Honda Tim Gajser keluar sebagai pemenang.

Kini, setelah pandemi Covid-19 reda, MXGP akan menyambangi Indonesia. Tentu kehadirannya kian mewarnai event balapan internasional di negeri ini. Sebelumnya, Indonesia sukses menggelar World Superbike (tahun lalu, untuk musim ini akan berlangsung pada November 2022) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).     

Awal Juni nanti, tepatnya tanggal 4, Formula E bakal melangsungkan putaran kesembilannya musim ini, Jakarta E-Prix, di Sirkuit Ancol. Masih pada bulan yang sama, MXGP of Indonesia juga dipastikan bergulir.

Berbeda dari penyelenggaraan terdahulu, lokasi pelaksanaan perlombaan nanti benar-benar baru. Ya, MXGP of Indonesia akan dilangsungkan di Samota, Sumbawa, yang masih masuk provinsi NTB, pada 24-26 Juni. 

Selain itu, pemilihan Samota juga karena kawasan ini unik, merupakan integrasi tiga area indah di Sumbawa. Karenanya, MXGP diharapkan dapat menjadi entry point agar daerah tersebut lebih dikenal dunia.

“Pertama, mungkin banyak yang belum tahu Samota itu sebenarnya singkatan. Sa: Saleh, Mo: Moyo, Ta: Tambora. Jadi area ini adalah persinggungan antara Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora. Oleh karena itu, eksotisme (alamnya) luar biasa,” Zulkieflimansyah menjelaskan.

“Kami ingin buktikan kalau kami berani menjadi host MXGP, NTB mampu menggelar MotoGP, WSBK dan MXGP, mestinya provinsi lain juga bisa. Ini semacam ‘wake up call’ buat kita sebagai bangsa, episentrum ekonomi, pergerakan visitor investment tidak boleh lagi hanya melihat Pulau Jawa. Indonesia itu luas.”

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo, yang turut hadir dalam konferensi pers, berharap MXGP di Samota nanti juga bisa sukses seperti WSBK dan MotoGP di Mandalika, Lombok.

“Hampir 1,6 miliar mata dunia tertuju kemarin ke Mandalika, tentu kita berharap nanti miliaran mata dunia tertuju ke Samota, Sumbawa. Saya ucapkan selamat kepada panitia, semoga persiapannya makin matang serta mencapai apa yang menjadi target,” ujar Bamsoet, sapaannya.

Selain Samota, Sumbawa, MXGP dijadwalkan untuk melangsungkan satu putaran lagi di Indonesia. Jika melihat kalender balap kejuaraan musim 2022, event ke-13, akan digelar di Jakarta awal Juli mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar