Pembenahan Sirkuit Mandalikan Ditarget Rampung 14 Maret

Foto:

KBRN, Jakarta: Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto mengungkapkan pembenahan sirkuit dan seluruh infrastruktur penunjang lainnya akan rampung pada 14 Maret 2022. Sehingga dipastikan seluruh rangkaian balapan dunia yang dimulai pada 18 hingga 20 Maret 2022 terlaksana dengan sukses.

"Termasuk observation gate yang dibangun di bukit 360 derajat dan Insya Allah tanggal 14 Maret 2022 sebelum perhelatan tanggal 18 Maret 2022, sudah selesai semua," kata Hadi terkait kesiapan Mandalika menghadapi MotogGP 2022, dalam keterangan tertulisnya diterima, Sabtu  (22/1/2022) di Jakarta.

Pada kesempatan ini, Hadi juga mengungkapkan jika infrakstruktur khusus di dalam Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), seperti race track, race secon building dan race elektroniknya, kini telah rampung dan berfungsi.

Beberapa pekerjaan yang sebelumnya dibenahi kembali, seperti gland stand, VIP village dan temporer fasility untuk menambah tempat bagi kepentingan para pembalap dan tim pendukung, Hadi juga mengegaskan seluruhnya telah rampung.Di luar sirkuit, terang Hadi, pihaknya diakui saat ini masih terus melakukan pembenahan. 

Diantaranya pelebaran jalan Provinsi di tahap dua menjadi empat jalur. Termasuk perbaikan rumah-rumah penduduk, drainase dan penghijauan di luar sirkuit. Penghijauan dilakukan mulai di jalur By Pass dari Bundaran Bandara Internastional Lombok hingga ke Bundaran Sunggung.

Di sekitar Sirkuit Mandalika terdapat lima bukit. Hadipun mengatakan jika bukit-bukit ini juga sedang dilakukan pembenahan dengan penanaman pohon-pohon estetik dan bunga. Tujuannya lokasi ini akan terlihat hijau dan cantik di depan kamera.Kementerian Komunikasi dan Informatika RIJalan Merdeka Barat No.9 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110 www.kominfo.go.id  Kementerian Komunikasi dan Informatika RIJalan Merdeka Barat No.9 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110 www.kominfo.go.id

"Di dalam sendiri itu ada 1 bukit namanya bukit 360 derajat juga kita percantik, supaya saat penonton nanti melihat ke arah bukit tersebut itu juga klihatan cantik, karena bukit itu juga berhadapan dengan bukit seger yang ada di luar mandalika," ujar Hadi.

Terkait transportasi, baik itu udara, laut dan darat, pihaknya dikatakan Hadi telah berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Hal ini sudah diutarakan sejak beberapa hari lalu.

Untuk transportasi darat akan disediakan angkutan shuttle bus menuju sirkuit Mandalika dari pelabuhan Gili Mas, pelabuhan Lembar, pelabuhan Bangsal, pelabuhan Kayangan dan dari Bandara International Lombok. Sementara transportasi udara sedang dicoba mekanisme commuter flight.

Rencananya pesawat Airbus A330 akan dijadikan moda penerbangan dari Bali menuju ke Lombok. Hal ini karena diperkirakan penonton danbahkan bahkan tim pendukung pembalap juga menginap di Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar