Ini Kelebihan dan Kekurangan Busi Iridium

Foto Busi Iridium .jpeg

KBRN, Jakarta: Memilih motor dengan jenis busi yang dikenal dengan nama busi iridium memang dikenal bisa memberikan banyak keuntungan yang jangan dilewatkan. Walaupun begitu, masih sedikit yang tahu secara detail tentang kelebihan dan kekurangan busi iridium yang wajib untuk dipertimbangkan.

Secara sederhana, jenis busi iridium dihadirkan dengan bahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan beberapa jenis busi yang lainnya. Untuk mengetahui secara lebih detail terkait apa saja karakteristik dari jenis busi ini dikutip dari https://blog.oscas.co.id/, silakan simak uraian secara lebih lengkap ini:

Tentang Busi Iridium

Sebelum mengetahui tentang informasi yang terkait dengan kelebihan dan kekurangan busi iridium, sebaiknya kenali terlebih dahulu busi ini. Hal ini dikarenakan jenis busi ini ternyata semakin ke sini semakin populer dan mudah ditemukan bahkan di beberapa toko terdekat.

Jenis busi ini secara sederhana bukan besi yang bisa dipakai untuk setiap jenis motor sehingga perlu pula untuk disesuaikan penggunaannya. Walaupun begitu, jenis busi ini lebih direkomendasikan untuk dipakai oleh jenis motor  yang memang sejak awal dilengkapi percikan yang besar.

Kelebihan dari Busi Iridium

Jenis informasi yang pertama ini akan membantu setiap pengguna motor untuk mengenal lebih terkait apa kelebihan dan kekurangan busi iridium. Namun kali ini, setiap pengguna akan ditunjukkan informasi yang lebih spesifik tentang apa saja kelebihannya sebagai berikut ini:

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis besi ini dibuat dari bahan yang memang lebih kuat jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan bahan iridium juga dikenal dapat bertahan dalam jangka yang panjang.

Memiliki bahan yang lebih kuat secara tidak langsung menyebabkan jenis busi ini menjadi lebih tahan lama dalam mengatasi tekanan api. Bahkan selain itu, api yang dimunculkan melalui jenis busi ini dapat dikatakan lebih fokus dan teratur jika dibandingkan yang lainnya. Jenis busi ini ternyata juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengeluarkan percikan api dalam durasi yang lebih sedikit.

Ketika menyalakan motor yang menggunakan jenis busi ini, maka prosesnya juga lebih cepat karena tekanan yang diperlukan pun lebih kecil.Untuk para pengguna yang seringkali melakukan percepatan mesin motor ketika memakainya, maka dapat dinikmati hasil yang jauh lebih spontan.

Busi ini ternyata lebih banyak dipilih pada masa sekarang karena menawarkan beberapa desain dan bahan yang jauh lebih ramah lingkungan.Secara sederhana, inti elektroda dari jenis busi ini jauh lebih kecil sehingga pengguna tidak perlu mengkhawatirkan tenaga yang harus dikeluarkan.

Kekurangan dari Busi Iridium

Tidak kalah dari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan busi iridium  yang sebelumnya, ada juga informasi yang lainnya yang memang penting. Setiap pengguna juga harus apa saja kelemahan yang ternyata dimiliki oleh jenis busi iridium yang harus dimasukkan ke pertimbangan dahulu:

Seperti yang telah sempat disinggung sebelumnya, jenis busi ini tidak cocok untuk digunakan pada semua jenis motor. Jenis busi ini ternyata bisa menunjukkan hasil percikan yang lebih cepat sehingga bisa menyebabkan mesin yang lebih mudah panas.

Suhu yang dihasilkan ketika busi ini digunakan dalam motor yang dipakai secara rutin juga jauh lebih tinggi daripada yang biasanya. Hal ini nantinya bisa menyebabkan mesin dan komponen yang lainnya menjadi lebih mudah terbakar dan nantinya akan rusak lebih cepat.

Jika digunakan dalam jangka yang panjang tanpa adanya pemeriksaan secara rutin, jenis busi ini bisa menyebabkan performa motor menjadi berkurang. Akibatnya dalam waktu yang lebih lama, motor bahkan perlu dilengkapi dengan proses penyetelan ulang yang merepotkan.

Bagi yang baru pertama kali mencoba jenis busi ini mungkin akan dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan karena proses pemasangannya.Busi ini lebih cocok untuk digunakan pada motor yang memang sudah dipakai dalam waktu yang lama dan memerlukan performa tambahan.

Pemasangan dari jenis busi ini biasanya memerlukan bantuan dari para ahli untuk pertama kalinya karena harus melihat kondisi komponen lainnya.

Uraian mengenai beberapa aspek yang menjadi kelebihan dan kekurangan busi iridium di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang terbaik. Apalagi tentu saja setiap pengguna motor ini menggunakan jenis busi yang dianggap memang paling tepat dengan resiko yang termasuk kecil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar