Begini Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Kaca mobil kerap ditemukan berembun.

Mengutip berbagai sumber, berikut ini tips untuk mengatasi kaca mobil yang berembun. 

1. Turunkan temperatur di kabin mobil

Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, turunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

2. Memanfaatkan fitur defrost/defogger di mobil 

Jika mobil dilengkapi fitur defrost/defogger, memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun di kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard.

3. Resirkulasi udara dalam mobil

Salah satu cara mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun.

4. Menyalakan AC dan wiper

Embun tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin, juga memungkinkan spot-spot embun untuk terbentuk pada kaca.

Cara mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC. Maka, dapat mengurangi embun yang terbentuk di kaca. Gunakan wiper untuk menyeka embun yang terbentuk pada kaca mobil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar