Kendaraan Listrik Bakal Digunakan di KTT G20

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Pemerintah bakal menggunakan kendaraan listrik sebagai alat transportasi resmi dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada tahun 2022. 

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ayodhia GL Kalake mengatakan, pemerintah akan menyiapkan beragam kendaraan listrik seperti roda empat, sepeda motor, dan bus.

"Pada ajang besar ini pemerintah Indonesia akan menggunakan kendaraan listrik baik bus, roda empat, roda dua, sebagai kendaraan resmi maupun operasional," kata Ayodhia seperti dilansir laman CNN, Rabu (24/11/2021).

Ayodhia tidak merinci model ataupun nama kendaraan yang bakal digunakan.

Namun, dia mengatakan, pemerintah ingin menunjukkan komitmen demi menurunkan emisi melalui penggunaan mobil berbasis baterai.

"Ini menunjukkan kepada dunia komitmen Indonesia menurunkan emisi melalui dukungan ke kendaraan listrik dan showcase terhadap kendaraan yang diproduksi di Indonesia," ucap dia.

Pada kesempatan sama Kepala Staff Presiden Moeldoko mengatakan, Presiden Joko Widodo akan membawa isu transisi energi terbarukan pada konferensi tersebut.

"Transisi energi dari fosil ke energi terbarukan keharusan dan tidak bisa ditunda. Oleh sebab itu harus ada perencanaan terukur dan alur waktu jelas," kata Moeldoko.

Kedua, menurut Moeldoko, sesuai arah presiden, yaitu kendaraan listrik tidak lagi dapat ditawar-tawar.

Lalu ketiga,lanjut dia, kesempatan investasi harus dibuka selebar-lebarnya, dan jangan dipersulit.

Sejauh ini satu kendaraan listrik dipastikan bakal dipakai untuk KTT G20 di Bali adalah Genesis Electrified G80.

Hal ini sudah diumumkan pemerintah pada akhir Oktober 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00