Dicoba Jokowi, Begini Spesifikasi Minicab MiEV

Minicab MiEV (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Baru-baru ini mobil listrik niaga andalan Mitsubishi Motors Minicab MiEV telah di pamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. 

Mobil listrik ini tidak hanya mencuri perhatian pengunjung tetapi juga mengundang rasa penasaran Presiden Joko Widodo. Dalam kunjungannya ke pameran GIIAS 2021 pada Rabu (17/11/2021), Jokowi tertangkap kamera menjajal mobil listrik tersebut.

Bahkan, Jokowi sempat memutari area lobby dari ICE BSD City menggunakan Minicab MiEV. Minicab MiEV sendiri merupakan LCV (Light Commercial Vehicle) berbentuk van mungil berkelir putih dengan tampilan minimalis. 

Namun demikian, Minicab MiEV mampu memenuhi kebutuhan mobilitas di lingkungan yang padat dan sempit, terutama untuk armada logistik.

Sementara itu, di Jepang, Minicab MiEV telah dijual sejak 2011. Di sana, mobil ini digunakan sebagai kendaraan logistik di dalam kota dengan jarak tempuh hanya sekitar 100 km. 

Mobil ini memiliki fitur daya listrik 1500W DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V, yang cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan.

Motor listrik mobil ini memberikan daya yang besar, nol emisi serta senyap, sehingga sangat mungkin digunakan di perkotaan yang padat.

Minicab MiEV hadir dengan dual airbags serta kontrol traksi. Dengan ukuran bodi yang kompak, mobil ini punya radius putar 4,3 meter yang sangat cocok dipakai di jalanan yang sempit. Bentuknya mungil dan kotak, Minicab-MiEV ini punya dimensi (pxlxt): 3.395 mm x 1.475 mm x 1.810 mm.

Mobil listrik mungil ini, di Jepang saja ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas baterai lithium-ion berdasarkan jarak tempuh/jelajah. Ada yang 100 km dan 150 km.

Sedangkan untuk proses pengisiannya, Minicab-MiEV dengan spesifikasi jarak jelajah 100 km butuh waktu pengisian 4,5 jam dari nol hingga penuh.

Tipe dengan jarak jelajah 150 km, butuh waktu sekitar 7 jam untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh.

Di Negeri Sakura, Jepang, Minicab-MiEV dijual dengan harga 1,73 juta Yen hingga 2,4 juta Yen. Atau kalau di-rupiahkan, sekitar Rp 214,7 juta hingga Rp 297,8 juta (kurs 1 Yen = Rp 124,11).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00