Kenalkan, Robot Kece si Perawat Pasien Covid

Robot Kece diterima Gubernur Jatim Khofifah dari Unesa (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya : Setelah melalui sejumlah pengujian, Robot Kece Unesa secara resmi mulai didistribusikan melalui Pemerintah Pemprov Jatim, Senin (13/7/2020). Robot yang diberi nama 'Kece' ini diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Tujuan utama pembuatan robot ini adalah untuk meminimalisir kontak antara petugas kesehatan dengan pasien, sehingga diharapkan mampu mengurangi penyebaran virus covid-19. Sesuai dengan namanya, yakni KECE, robot ini berprinsip agar mampu menjadi produk yang kreatif, energik, cakep dan elegan.

"Interaksi yang intensif antara pasien dengan petugas kesehatan dapat disubtitusi melalui penggunaan robot ini, Saya rasa adanya robot kece ini akan sangat banyak membantu tugas dari petugas kesehatan," ungkap Khofifah Indar Parawansa.

Robot yang diproduksi oleh Tim yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya ini memiliki sejumlah fitur, diantaranya dapat difungsikan untuk mengantarkan makanan maupun obat-obatan.

Selain itu robot ini juga mampu menjadi alat komunikasi guna memantau kondisi pasien dan menarik ranjang maupun dinaiki oleh petugas kesehatan dengan berat maksimal 100 kg.

"Robot ini juga diharapkan dapat mendiagnosis kebutuhan pasien selama perawatan dan memantau keadaan pasien" ungkap Agung Prijo Budijono, S.T, M.T, ketua Tim Robot Kece Unesa.

Berbeda dengan jenis pertama, robot kece jenis kedua mempunyai fitur unggulan untuk menyetrelisasi ruangan karena terdapat lampu ultraviolet di sisi kanan dan kirinya selain mampu mengantarkan makanan maupun obat-obatan untuk pasien.

Guna mempermudah pengoperasian robot, nantinya tim medis akan ditraining oleh Tim Robot Kece Unesa, "jangan khawatir, kami siap untuk mengajarkan para tim medis hingga dapat mengoperasikan robot ini dengan optimal," ujar Rektor Unesa, Prof. Nurhasan.

Dalam acara penyerahan ini, robot kece juga diuji coba untuk dioperasikan pada alas keramik maupun aspal, hasilnya robot tetap mampu berjalan dengan lancar dan maksimal. Hal ini dikarenakan tim yang memproduksi robot kece ini telah berpengalaman menjuarai dan berlaga pada kompetisi nasional maupun internasional.

Ke depannya, robot ini akan memiliki sejumlah fitur unggulan, salah satunya terdapat musik relaksasi untuk pasien Covid-19, "Pada distribusi yang pertama ini, kami akan menampung segala masukan untuk pengembangan robot kece agar mampu memenuhi segala kebutuhan nakes maupun pasien covid," ujar Prof. Nurhasan.

Apresiasi dan dukungan pun diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, "Kami tunggu produksi robot kece versi keduanya," pungkas Gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00