Begini Cara Mudah Gunakan Google Docs 

Ilustrasi.jpg

KBRN, Jakarta: Dimasa modern sekarang ini, teknologi terus berkembang kian pesat., salah satunya yakni Google yang mencipatakan produk " Google Docs", Google Docs merupakan layanan pengolah kata yang merupakan bagian dari serangkaian perangkat office suite berbasis web gratis milik Google yang meluncur sejak 2006

Selain memiliki fitur yang bisa membentuk dokumen penulisan, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai fitur presentasi, formulir serta penyimpanan data.  Goole Docs ini juga memiliki keunggulan yakni semua fitur dalam Google Docs tersebut memunginkan penggunanya kerja kolaborasi bersama orang lain secara real time. 

Lalu bagaimana cara mengoperasikannya, berikut ulasan yang RRI lansir dari beberapa sumber:

1. Mendaftar

Cara mendaftarnya mudah, buka laman gmail.com pada komputer atau telepon pintar anda, atau bisa juga melalui aplikasi yang bisa anda unduh melalui Playstore. Selanjutnya buka dan masuk ke laman pendaftaran, tinggal masukkan nama, alamat e-mail yang dibuat sesuka anda, serta kata sandi.

Setelah memiliki akunnya, maka anda sudah bisa membuat Google Docs, berikut langkah-langkah yang harus ditempuh:

a. Membuat Dokumen

- Di komputer buka layar beranda Documents di docs.google.com

- Di kiri atas di bawah pilih "Start new document", lalu pilih "New"

b. Sunting dan Format

- Pada komputer buka dokumen di Google Docs

- Untuk membubuhkan kata-kata, klik dua kali pada mouse untuk memilih teks yang ingin anda ubah

- Mulai sunting dokumen

- Jika ada kesalahan pengetikan bisa gunakan tools "undo", jika ingin mengembalikannya lagi anda bisa menggunakan tools "redo"

c. Bagikan dokumen dan Kerjakan dengan yang Lain

Setelah melakukan dua tahapan di atas selanjutnya silahkan bagikan dokumen tersebut kepada orang yang telah anda tentukan.

2. Cara Menggunakan Google Docs

a. Pastikan PC/Gadget anda terkoneksi dengan internet

b. Buka browser, dan masukkan link Google docs

Laman ulang tahun google ke-21.Mengoperasikan Google Docs harus terhubung dengan koneksi internet karena file-nya tersimpan dalam cloud (Foto: Screenshot via Google)

c. Silakan langsung masuk dengan akun Google bagi yang sudah memilikinya, jika belum silahkan buat dulu seperti langkah yang sudah dijelaskan di atas

d. Anda bisa juga mengakses Google Docs saat sudah masuk ke akun Google tersebut dengan klik "Drive"

e. Akan muncul pada layar halaman kosong, untuk membuat dokumen baru klik menu "Create" lalu pilih bentuk dokumen yang ingin anda buat, ada Documents, Spreadsheet, Presentation, Forms, dan Drawings

f. Setelah memilih salah satunya maka browser akan membuka tab baru. Selanjutnya pada tab baru tersebut anda bisa mulai berkreasi. Misal anda memilih dokumen maka anda bisa menulis berupa teks disana.

Itu adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Docs, bagi anda yang hendak membagikan hasil pekerjaan tersebut juga bisa. Caranya klik "bagikan" pada bagian pojok kanan atas dokumen kemudian ketikkan alamat e-mail orang yang hendak bagikan dokumen dengannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00