Aplikasi Ini Untuk Kartu Ucapan Lebaran#DirumahAja

Ilustrasi Aplikasi di Handphone.jpeg

KBRN, Jakarta: Dalam hitungan beberapa hari kedepan kita akan menuju Hari Kemenangan di bulan Ramadan, yakni Hari Raya Idul Fitri. Namun, momen itu nampaknya akan sulit dilakukan mengingat pemerintah masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk menekan penularan virus SARS-CoV-2.

Untuk membuat kreasi ucapan Lebaran versi digital sendiri dri rumah, anda bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi ucapan ldul Fitri. Kartu buatan sendiri bisa mewakili silaturahmi ketika momentum Lebaran tiba. Silaturahmi ke rumah saudara, kerabat, atau rekan sejawat untuk bermaaf-maafan adalah tradisi yang tidak bisa dilewatkan dalam momentum Lebaran ini.

Salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk mengatasi keterbatasan itu adalah dengan mengirim ucapan lewat aplikasi pesan instan atau media sosial. Berikut aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain ucapan selamat lebaran di tengah pandemi Covid-19 yang berhasil RRI rangkum dari beberapa sumber, diantaranya: 

1. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain kartu ucapan lebaran yang unik. Canva menyediakan template kartu ucapan yang tampak profesional dan dapat diubah sesuai keinginan.

Cara1. Pilih template kartu (Canva memiliki ribuan template) atau Anda dapat mendesain kartu sendiri dari awal.2. Ubah gambar. Untuk sentuhan pribadi, Anda dapat mengunggah atau memilih salah satu gambar dari perpustakaan gambar Canva yang berisi lebih dari 2 juta stok gambar menarik.3. Tambahkan pesan. Canva memiliki lebih dari 130 font yang dapat dipilih, sehingga Anda dapat menyampaikan pesan yang keren.4. Ubah latar belakang dan warna sesuai yang Anda sukai.5. Unduh, bagikan, atau cetak kartu.

Canva bisa diunduh secara gratis di Apps Store, Play Store, dan bisa juga digunakan pada desktop. Selain kartu ucapan, Canca juga bisa digunakan untuk mendasain CV, poster, kartu nama, cover buku, logo, brosur, hingga undangan.

2. Muslim Pro

Muslim Pro selama ini dikenal sebagai aplikasi mobile pengingat waktu salat dan adzan paling akurat. Selain itu Muslim Pro dilengkapi dengan fitur Al-Qur'an lengkap dengan naskah Arab, terjemahan, dan bacaan audio.

Namun, siapa sangka aplikasi tersebut ternyata bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan, salah satunya lebaran.

Cara1. Scroll ke bawah layer utama aplikasi hingga menemukan logi amplop dengan keterangan Ramadhan Mubarak (kirim kartu ucapan indah)2. Klik lihat lebih lanjut3. Pilih Eid Mubarak4. Pilih latar gambar yang diinginkan5. Kirim lewat aplikasi yang anda ingingkan, misalnya melalui Whatsapp.

Aplikasi Muslim Pro bisa diunduh secara gratis di Apps Store dan Play Store.

3. Invitation Card Maker App

Invitation Card Maker App adalah aplikasi yang menyidakan beragam fitur gratis untuk membuat kartu ucapan dan undangan, mulai dari pernikahan, ulang tahun, pesta, hingga ramadan.

Cara1. Pilih kartu ucapan yang hendak digunakan2. Klik customize untuk mengisi teks yang Anda inginkan3. Klik bagian tulisan yang hendak diubah, serta pilih jenis huruf, ukuran, dan warna yang hendak digunakan4. Klik doneAda tiga bagian yang harus diedit, yakni bagian depan, dalam, dan belakang kartu. Setiap bagian memiliki cara yang tidak jauh berbeda. Khusus bagian dalam kartu, Anda bisa mengunduh gambar sendiri.

Aplikasi Invitation Card Maker App tersedia di Apps Strore dan Play Store

4. Adobe Spark

Adobe Spark adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk merancang gambar dan video sesuai dengan keinginan sendiri. Aplikasi itu menyebdia beragam foto dan ilustrasi yang bisa digunakan secara gratis.

Cara1. Klik tanda + dan ketik latar belakang yang hendak digunakan, misalnya langit atau hutan.2. Klik ADD1 dan done untuk mengedit lebih lanjut latar gambar yang dipilih3. Klik dua kali pada latar gambar untuk memasukan teks ucapan lebaran.4. Klik layout untuk memilih format huruf yang dinginkan.5. Simpan untuk selanjutnya dikirim lewat berbagai macam media sosial.

Aplikasi Adobe Spark tersedia secara gratis di App Store dan Play Store.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00