Pegiat Medsos: Selama Pandemi, Internet Gratis

Ilustrasi Media Sosial (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta : Selama masa pandemi Covid-19 masih mewabah di Indonesia, Pegiat Media Sosial memandang penting bagi pemerintah untuk memudahkan penggunaan internet dengan tidak adanya beban biaya hingga pandemi berakhir.

"Saya menilai sangat penting bagi pemerintahan Jokowi-Maruf Amin dan PT Telkom untuk menggratiskan internet di tengah wabah Covid-19. Apalagi, 10 tahun belakangan in internet menjadi sarana komunikasi utama masyarakat Indonesia," ungkap Pegiat Media Sosial, Darmansyah di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

"Seperti menghubungi keluarga, kerabat, rekan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) atau lainnya yang memakai internet. Termasuk untuk mengetahui kabar tentang pandemik Covid-19," tuturnya.

Menurut Darmansyah keberadaan internet memang menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia, walau tidak semua masyarakat Indonesia dapat menggunakan internet. Sebab, di beberapa daerah pelosok, signal internet masih susah untuk dijangkau. Bahkan, jaringan internet belum semua menjangkau daerah pelosok. Namun, jaringan internet tetap dibutuhkan dan digunakan di banyak daerah yang sudah terjangkau.

"Untuk menggratiskan internet, sepertinya sangat tidak mungkin pemerintah melakukan penggratisan pemakaian internet kepada masyarakat. Paling tidak, pemerintah dapat memberikan harga layanan internet yang cukup murah. Seperti harga langganan internet di rumah, paket kuota internet operator seluler yang dirasa masih mahal harganya," tuturnya.

Ia melihat meski harga berlangganan internet tidak murah, namun layanan internet masih sering dikeluhkan masyarakat. Seperti jaringan internet di rumah dan seluler yang tidak sesuai harga dengan layanan yang masih sering terjadi gangguan dan lambatnya jaringan internet saat diakses. Padahal, kecepatan akses internet menjadi kebutuhan masyakat untuk mendapatkan informasi melalui pemberitaan dan berkomunikasi menggunakan aplikasi yang memakai internet.

"Jika pemerintah tidak bisa menggratiskan internet kepada masyarakat, paling tidak bisa memberi harga murah layanan internet dengan fasilitas yang memuaskan. Tentu layanan internet yang tidak lagi sering terjadi gangguan dan lambat saat diakses," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00