Maksimalkan PSBB, Menkominfo Luncurkan Mesin Pintar

Foto : Antarafoto

KBRN, Jakarta : Berbagai upaya dan srategi terus dilakukan pemerintah guna memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya memutus rantai virus COVID-19.

Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan 1.000 mesin pintar ‘Akses untuk Bangsa’ 

Menkominfo Johnny G Plate dalam siaran pers yang diterima rri.co.id menjelaskan, mesin pintar atau kiosk Internet of Things (IOT) berperan menjangkau Online to Offline (O2O) di area rawan Covid-19. 

Mesin pintar secara drastis mengurangi interaksi dengan kasir ataupun pengunjung lain ketika melakukan pembelian di toko ritel untuk kebutuhan sehari-hari, pembayaran listrik, pembelian obat dan lainnya. 

Mesin pintar IOT (Internet of Things) ini tersebar di daerah rawan Covid-19 seperti di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Bali dan Sidoarjo serta beberapa kota lainnya. 

“Mesin pintar ‘Akses untuk Bangsa’ memanfaatkan Internet of Things, sejalan dengan semakin tingginya penggunaan teknologi digital dan informatika, terutama dalam situasi yang sedang dihadapi masyarakat global saat ini. Selain itu, juga sejalan dengan peran Kementerian Kominfo dalam menyampaikan narasi tunggal Pemerintah tentang protokol mendasar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar,” papar Menkominfo Johnny.

Sebanyak 1.000 mesin pintar IOT itu disebarkan di lokasi strategis ritel misalnya Alfamart, Alfamidi dan Apotek Kimia Farma serta berbagai toko lainnya. Mesin pintar ini juga berfungsi mempercepat penyampaian informasi yang benar dari Pemerintah mengenai Covid-19 dan bagaimana mengatasi penyebarannya. 

“Hal ini juga selaras dengan pendekatan Kementerian Kominfo dalam mengkomunikasikan satu narasi yang konsisten tentang pencegahan Covid-19 kepada masyarakat Indonesia,” ujar Menteri Johnny.

Mesin pintar ‘Akses untuk Bangsa’ ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) yang memberikan: 

1. Akses untuk mengurangi interaksi antara orang per orang di masa Covid-19

2. Akses Konsultasi dengan Artificial Intelligence mengenai Covid-19

3. Informasi mengenai fitur Chatbot oleh Covid19.go.id beserta cara mengakses 

4. Informasi mengenai aplikasi Peduli Lindungi dan cara mengunduh aplikasi 

5. Informasi mengenai aplikasi 10 Rumah Aman dan cara mengunduh aplikasi.

Selanjutnya dalam pengembangan pengembangan ke depannya, mesin pintar akan dapat digunakan untuk verifikasi data terkait seperti penerima donasi sembako, obat-obatan, dan informasi publik lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00