Aplikasi yang Mendadak Hits di Tengah Wabah Pandemi COVID-19

Sumber Foto: Reuters (Tik Tok)

KBRN, Jakarta: Kegiatan sehari-hari di tengah pandemi COVID-19 sudah di dominasi oleh teknologi. Gadget tentu jadi bikin kamu enggak mati gaya saat harus berdiam di rumah.

Mulai dari Work From Home (WFH), Me Time, belajar sampai bersilahturahmi sama teman-teman juga harus menggunakan teknologi saat ini. Nah, penasaran dong teknologi apa yang mendadak populer di tengah wabah COVID-19 ini? Berikut RRI merangkumnya dari berbagai sumber:

1. Zoom

Aplikasi video call meeting ini mendadak populer di berbagai negara, meski kehadirannya sempat membuat khawatir, karena ada beberapa kabar yang mengatakan bahwa akun zoom banyak yang diretas. Namun, terbukti masih banyak warganet dibelahan dunia termasuk Indonesia yang memakai zoom untuk menemani kegiatannya.

Zoom menawarkan 40 menit panggilan video untuk banyaknya orang. Setelah RRI melakukan percobaan, ternyata aplikasi zoom mampu mengundang 100 orang untuk join video ke dalam grup.

Aplikasi ini banyak digunakan untuk meeting office, study from home, bahkan untuk sekedar berbagi cerita bersama teman-teman kamu.

2. Twitter

Aplikasi ini memang sudah terkenal sejak lama. Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini ternyata dikabarkan platform media sosial Twitter mengalami peningkatan akses. Peningkatan dilaporkan sebesar 24 persen dengan total pengguna mencapai 166 juta orang.

Peningkatan tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tahun 2019, yang hanya mencapai 134 juta pengguna.

Twitter menyediakan fitur thread di aplikasinya. Fitur thread bermanfaat untuk menulis sebuah cerita atau update dalam satu waktu tanpa harus mengacak-acak timeline kamu. Jadi, ketika seseorang membaca cerita kamu ia tak perlu lagi mencari-cari ke timeline kamu sampai membuatnya pusing.

Fitur thread sendiri diluncurkan oleh Twitter sejak 2017 lalu. Menariknya dengan ada fitur thread ini semua warganet jadi berlomba-lomba untuk bercerita hal menarik. Mulai dari hal yang viral, bersejarah, romantis bahkan mistis.

Walaupun saat ini banyak yang sedang mengalami depresi lantaran harus berdiam di rumah saja. Namun, warganet di Twitter banyak yang menghibur lho! Banyak akun-akun Selebtweet yang hobi melawak dengan kesan sarkas sehingga membuat pengguna Twitter lainnya jadi terhibur, 

3. TikTok

Platform media sosial ini juga sebenarnya sudah populer sebelum C OVID-19. Namun, yang membedakan sekarang adalah banyak warganet yang memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat funny video.

Selain video-video lucu, warganet di TikTok juga membuat video tutorial seperti masak, make-up simple, dan mengikuti video challenge.

4. Netflix

Aplikasi streaming film yang sedang hits ini menjadi pilihan warganet ketika dilanda bosan saat #StayAtHome. Dihimpun dari berbagai sumber, laporan Netflix mengungkapkan bahwa pengguna layanan streaming Netflix bertambah hingga 15,8 juta orang selama masa pemberlakuan lockdown.

Bagi kalian pecinta film pasti sudah menamatkan beberapa serial dan film yang terkenal di Netflix. Netflix sendiri menyuguhkan film-film Indonesia juga seperti Acopy of My Mind, Ada Apa dengan Cinta, dan My Stupid Boss.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00