Pemburu Planet di NASA Temukan Dunia Seukuran Bumi yang Bisa Dihuni

KBRN, Washington DC : Sebuah planet seukuran bumi untuk pertama kalinya ditemukan Satelit Survei Exoplanet Transit NASA (TESS) di area yang bisa dihuni yang berada dalam jarak yang kondisinya memungkinkan adanya tanda-tanda air cair di permukaan.

Para ilmuwan mengonfirmasikan temuannya itu dengan nama TOI 700 d, menggunakan Teleskop Luar Angkasa Spitzer milik NASA dan telah memodelkan lingkungan potensial planet tersebut untuk membantu menginformasikan pengamatan di masa depan.

Seperti dikutip dari NASA, Selasa (7/1/2020), TOI 700 d adalah satu dari hanya sedikit planet seukuran Bumi yang ditemukan sejauh ini di zona bintang-bintang layak huni. Planet lainnya termasuk beberapa planet dalam sistem TRAPPIST-1 dan yang ditemukan Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA.

"TESS dirancang dan diluncurkan secara khusus untuk menemukan planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang di dekatnya," kata Paul Hertz, direktur divisi astrofisika di Markas NASA di Washington.

"Planet-planet yang berada di sekitar bintang terdekat adalah yang paling mudah ditindaklanjuti dengan teleskop yang lebih besar di ruang angkasa dan di Bumi. Menemukan TOI 700 d adalah temuan sains utama bagi TESS. Mengonfirmasi ukuran planet dan status zona layak huni dengan Spitzer adalah kemenangan lain bagi Spitzer saat mendekati akhir operasi sains pada Januari ini."

TOI 700 adalah bintang M kecil dingin yang terletak setidaknya 100 tahun cahaya di rasi bintang selatan Dorado. Bintang ini kira-kira 40% dari massa dan ukuran Matahari kita dan sekitar setengah suhu permukaannya.

"Ketika kami mengoreksi parameter bintang, ukuran planet-planetnya turun, dan kami menyadari bahwa yang terluar adalah yang seukuran Bumi dan di zona layak huni," kata Emily Gilbert, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Chicago.

"Selain itu, dalam 11 bulan data kami tidak melihat suar dari bintang, yang meningkatkan kemungkinan TOI 700 d dapat dihuni dan membuatnya lebih mudah untuk memodelkan kondisi atmosfer dan permukaannya."

Sementara kondisi pasti TOI 700 d belum diketahui, para ilmuwan dapat menggunakan informasi yang ada saat ini, seperti ukuran planet dan jenis bintang yang di orbitnya, untuk menghasilkan model komputer dan membuat prediksi. Para peneliti di Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt, Maryland, memodelkan 20 lingkungan potensial dari TOI 700 d untuk mengukur apakah versi apa pun akan menghasilkan suhu dan tekanan permukaan yang sesuai untuk dapat dihuni.