LIPI Siap Hadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

KBRN, Subang : Dalam mengahadapi tantangan era revolusi industri 4.0, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), siap mencetak sumberdaya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dan kapasitas yang unggul melalui Teknologi Teoat Guna (TTG).

Deputi Bidang Jasa Ilmiyah LIPI, Mego Pinandito mengatakan, LIPI ikut berpartisipasi dalam menyongsong tantangan era revolusi industri 4.0, melalui inovasi dan teknologi yang terus dikembangkan, sehingga Indonesia memiliki daya saing dengan bangsa lain di era revolusi industri 4.0 ini.

"Pusat penelitian TTG LIPI, ikut berperan aktif dalam mempersiapkan kompetensi SDM, khususnya dalam pembinaan UKM melalui diseminasi teknologi yang diselenggarakan untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0," ujar Mego kepada wartawan di Subang, Rabu (13/11/2019).

Menurut Mego, salah satu diseminasi teknologi tepat guna yang dipersembahkan LIPI saat ini yakni, mesin pengolahan kopi yang dilengkapi tekhnologi digital, dengan strategi pemasaran produk UKM di era digitalisasi ini.

"LIPI terus berupaya memberikan pendampingan, kemudian menciptakan sebuah alat atau mesin dari hasil TTG, agar UKM di Indonesia memiliki strategi pemasaran produk UKM di era digital," terangnya.

Sementara itu Direktur LIPI Pramono Nugroho menyatakan, LIPI terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk mesin pengolahan pangan yang aman dan higienis, mulai dari teknologi tanaman pangan hingga ke proses pengolahan.

"Kami juga melakukan penelitian melalui TTG terhadap tanaman pangan hingga ke pengolahannya, namun persoalannya LIPI harus menyesuaikan dengan potensi dan kearifan lokal di setiap daerah di tanah air., karena potensi dan kearifan lokalnya berbeda-beda," singkat Pramono.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00