Berhasil Membuka Jalan, Kodim 0907/Trk Tetap Kawal Hingga Layak Digunakan Masyarakat

KBRN, TARAKAN : Berhasil 100 persen membuka jalan penghubung antara RT. 16 Karang harapan, dengan RT. 12 Swaran, Kelurahan Karang harapan, Kecamatan Tarakan Barat hanya dalam kurun waktu sebulan, dirasa mustahil. Namun hal ini dapat di buktikan para Prajurit satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 di bumi Paguntaka (sebutan Kota Tarakan).

Dibalik pembukaan Jalan sepanjang 1.100 Meter ini para prajurit di hadapkan dengan gangguan alam, seperti hujan deras yang setiap malam mengguyur sempat membuat kesuliatan untuk melanjutkan pekerjaan. Bagaikan pelari yang enggan kalah dari rivalnya, gangguan alam ini tidak sedikit pun menghalangi semangat para prajurit TMMD, meski harus bekerja hingga larut malam.

Semangat para prajurit ini menyita antusias masyarakat salah satunya warga RT. 12 Swaran bernama Arman. Menurutnya, perjuangan yang di lakukan Satgas TMMD ini sangat luar biasa, dan tak dapat dinilai dengan apapun. 

"Selama ini pembangunan infrastrukutur sangat minim di wilayah kami. Tapi dengan adanya jalan baru ini, kami warga swaran akhirnya tidak terisolir dan tak perlu menempuh jarak jauh untuk ke kota," akunya saat di temui.

Warga lain, bernama Saleh selaku ketua RT.16 Karang Harapan usai menerima penyerahan hasil capaian rumah Ibadah juga merasa bangga atas pengandian yang dilakukan Kodim 0907/Tarakan, karena membantu masyarakat sekitar merehab tempat ibadah, dan pembukaan akses jalan.

"Sedih juga karena harus berpisah dengan prajurit TMMD yang sudah kami anggap sebagai saudara dan anak sendiri, selama sebulan bersama kami," ungkap pria Paruh baya ini dengan raut wajah haru.

Sementara itu, Lurah Karang Harapan, Opniel Sangka mengungkapkan, pembukaan badan jalan ini sangat di apresiasi warga karang harapan dan swaran. Sebab Selama puluhan tahun, akhirnya warga swaran bisa lebih cepat jika akan ke kota, dengan jarak tempuh efisien 7 Kilometer.

"Terbukanya akses jalan ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan, mobilisasi, dan ekonomi warga kami. Begitu juga pembangunan, pasti akan lebih banyak kedepannya di sepanjang jalan yang di buka ini. Saya mewakili warga sangat berterimakasih dengan kodim 0907/Tarakan atas karya baktinya. Semoga ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua," ucapnya.

Terpisah, Dandim 0907/Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menyebutkan, sasaran pembangunan fisik telah mencapai 100 persen diantaranya pembangunan infrastruktur pedesaan, pembuatan jembatan, rehab rumah ibadah, dan rumah tidak layak huni. Maupun Kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, hukum, dan kambtibmas dilaksanakan dengan segala upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Program TMMD ke 109 secara resmi telah di tutup. Namun demikian kami tetap bertanggung jawab terhadap hasil yang telah tercapai ini. Kami tetap akan melaksanakan penyempurnaan agar jalan itu bisa benar-benar dilalui. Ada beberapa program belum dilaksanakan seperti penyiringan dan agregatsisasi jalan yang menjadi perhatian. Insyaallah november minggu kedua bisa di selesaikan 100 persen. Kami akan kawal tahap selanjutnya, sampai jalan ini benar-benar dapat optimal digunakan masyarakat," tegas Dandim, usai menutup kegiatan TMMD ke 109 di Tarakan. (Crz)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00