Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air,Kasdim Ajak Generasi Muda Jaga NKRI

KBRN, Tarakan : Memasuki Tahun ajaran Baru 2019 sebanyak 50 Siswa - Siswi Pelajar SMA beragama Budha tingkat Prov. Kaltara diberikan Materi Pembekalan Terkait Negara di Hotel Padmaloka, Jl. Yos Sudarso, Tarakan yang diselenggarakan oleh Kemenag Prov. Kaltara bekerjasama dengan Kodim 0907/Trk.Senin(30/07/2019).

Materi yang disajikan adalah tentang Bela Negara dan Kedisiplinan sebagai bentuk penguatan ketahanan Nasional terhadap kaum muda khususnya para pelajar SMA di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Kasdim 0907/Trk Mayor Inf Thohar S.Ag mengatakan, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara, sebagaimana yang tertuang dalam pasal 27 UUD 1945.Hal tersebut diperkuat dengan UU No. 3 tahun 2002, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib melaksanakan upaya bela negara sesuai profesi.Jelasnya.

“Pelajar tingkat SMA di Prov. Kaltara yang memeluk agama Budha adalah minoritas namun mempunyai dasar religius yang kuat sehingga, perlu adanya sentuhan dengan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan dan bela negara, dengan harapan kaum muda mempunyai dasar yang kokoh untuk berperan serta menjaga tetap tegaknya NKRI,” ujarnya.

Ditambahkan Kasdim, bahwa selain materi bela negara juga disampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0907/Trk dalam rangka membantu pemerintah daerah melalui Bakti TNI, yang meliputi peningkatan ketahanan pangan, Bakti Sosial kesehatan, Melaksanakan Komsos dan berinteraksi dengan masyarakat langsung, serta berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah.

"Upaya TNI selama ini selalu berpedoman bahwa Bersama Rakyat, TNI kuat. Slogan ini melekat karena TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dengan materi-materi yang berisikan tentang doktrin cinta tanah air bangsa dan Negara akan dapat menumbuhkan serta memupuk kecintaan terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia dan ini juga mengajarkan kepada generasi kita tentang pentingnya persatuan dan kesatuan, cinta tanah air sehingga mereka mampu menyaring informasi yang benar seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern,” Pungkasnya. (CRZ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00