Satgas Ops Bina Waspada Rutin Sambang Warga, Cegah Radikalisme

KBRN, Malinau : Paham radikalisme merupakan salah satu permasalahan yang harus di waspadai, maka dari itu personel Polres Malinau yang tergabung dalam Satgas (Satuan Tugas) Operasi Bina Waspada Kayan 2022 di Polres Malinau melakukan giat sambang dengan mengunjungi pengurus Pesantren Putri Al-Khairaat Ust. Takdir di Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Jum’at (19/08).

Sementara itu Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., melalui Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Muadib selaku Kapusdalopsres pada Operasi Bina Waspada Kayan 2022 di Polres Malinau saat dijumpai diruang kerjanya menjelaskan, Operasi Kepolisian kewilayahan ini mengedepankan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) yang didukung dengan kegiatan Deteksi dan Bantuan Operasi (Ban Ops) guna memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Benar, personel dilapangan rutin sambang ke masyarakat, kegiatan tersebut juga untuk menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif melalui peningkatan kesadaran, peran serta dan pemberdayaan kelompok masyarakat dalam rangka mencegah terjadinya gerakan radikalisme, aksi terorisme dan anti pancasila,” ujar Muadib.

Dalam tatap muka bersama pengurus Pesantren Putri Al-Khairaat tersebut, personel Satgas menyampaikan terkait kegiatan Ops Bina Waspada serta memberikan pemahaman tentang bahaya radikalisme yang akan berdampak buruk dan dapat merusak tatanan masyarakat.

Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Muadib menambahkan, personel dilapangan juga memberikan himbauan terhadap kelompok masyarakat agar jangan mudah terpancing dan terpengaruh informasi hoax dan hasutan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang bisa merugikan diri sendiri dan mengancam persatuan kesatuan Bangsa. 

“Kegiatan Ops Bina Waspada Kayan 2022 ini bertujuan agar supaya para ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan peran para tokoh lainya ikut membantu memberikan pencerahan dan pemahaman tentang bahaya gerakan radikalisme, aksi terorisme dan anti pancasila ini,” tambah Muadib.

Sementara itu Ust. Takdir yang merupakan perwakilan dari pengurus pondok Pesantren Putri Al-Khairaat sangat menyambut baik maksud dan tujuan kedatangan personel Polres Malinau pagi ini.

Ust. Takdir juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kepolisian yang telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pesantren Putri Al-Khairaat Malinau dalam rangka Operasi Bina Waspada Kayan 2022.

Beliau juga menyampaikan, pondok Pesantren Putri Al-Khairaat Malinau siap berpartisipasi dan mendukung upaya Pemerintah khususnya Polri dalam menanggulangi bahaya paham radikalisme. Kegiatan yang berlangsung pagi ini berjalan dengan kondusif. (Hum)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar