Satgas Pamtas Berganti, Pengisian Personil di Pos Tergantung Cuaca dan Transportasi

Mayor Arm. Yan Octa Rombenanta, Danyon Satgas Pamtas Armed 5 Pancagiri .jpg

KBRN - Malinau : Satuan tugas pengamanan wilayah perbatasan (satgas Pamtas) TNI Angkatan Darat yang bertugas di wilayah perbatasan negara RI - Malaysia di Kabupaten Malinau saat ini sudah berganti. Dari sebelumnya yang berasal dari Batalyon Armed dari Kabupaten Berau, saat ini digantikan dari Batalyon Armed 5 Pancagiri dari Kodam Siliwangi.

Mereka sudah berada di Malinau sudah sekitar 2 minggu lalu dan saat ini sedang dalam proses mengiriman pasukan ke pos-pos yang tempat tugas penjagaan di wiayah gari batas negara di Kabupaten Malinau.Seperti disampaikan komandan Batalyon (Danyon) Armed 5 Pancagiri Kodam Siliwangi, Mayor Arm. Yan Octa Rombenata S.Sos kepAda RRI,  saat semua pos jaga digaris batas negara ada 15 pos dan semua sudah terisi meski belum lengkap.

Karena setiap posnya akan diisi oleh satu peleton. Sebab, dalam distribusi personil ini juga menyesuaian kondisi cuaca dan kesiapan transportasinya. "Kita tergantung kondisi cuaca dan transportasi. Tapi yang jelas, kita upayakan segera untuk penempatan anggota pada pos-pos pengamanan wilayah perbatasan Kabupaten Malinau yang sebanyak 15 pos di sepanjang garis batas NKRI-Malaysia itu," tegas Yan Octa Rombenata kepada RRI.

Sementara itu, Danbrigif 24/ Bulungan Chakti Kolonel Inf. Teguh Wiratama dalam kunjungan kerjanya ke Yonif 614/Raja Pandhita di Malinau beberapa waktu lalu mengungkapkan,  satgas pamtas si wilayah kaltara tahun ini ada dua batalyon.

Yakni satu si Malinau dan satu lagi di Kabupaten Nunukan. Jumlahnya juga berbeda personilnya berbeda dari sebelumnya yang mencapai 600 orang per satuan Batalyon. "Saat ini jumlah orangnya sekitar 400-an personil per batalyon, baik di Malinau maupun fi Nunukan," tukasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar