Bengkel dan Usaha Penggandaan Kunci Harus Waspada Barang Curian

Tim patroli Samapta Polres Malinau saat singgah dan tempat usaha kunci sekaligus memberikan imbauan untuk waspada.jpg
Tidak hanya tukang kunci, tukang stiker dan bengkel motor juga jadi sasaran imbauan.jpg

KBRN - Malinau : Antipasi demi mencegah dan menekan terjadinya gangguan kamtibmas aksi kejahatan, yang dapat membuat resah masyarakat, seperti terjadinya tindakan pencurian kendaraan bermotor, anggota patroli motor Satuan Samapta Polres Malinau sambangi bengkel,tempat pembuatan kunci duplikat yang ada di Kecamatan Malinau Kota memberikan imbauan agar berhati-hati dengan barang curian, Sabtu (28/5/2022).

Melalui kegiatan patroli dialogis ini, masyarakat merasa nyaman dan tentram atas kehadiran polisi di tengah masyarakat serta mampu menciptakan komunikasi sebagai wadah silaturahmi dan kedekatan polisi dengan masyarakat. Anggota patroli motor memberikan imbauan kamtibmas agar berhati-hati dalam membeli onderdil kendaraan bekas yang dijual secara eceran, karena tidak menutup kemungkinan barang tersebut berasal dari hasil kejahatan.

Kapolres Malinau AKBP Reza Pahlevi, S.I.K melalui Kasat Samapta Iptu Urip Basuki membenarkan bahwa dalam mengantisipasi tindakan kejahatan seperti halnya Curanmor, personel Samapta mengunjungi bengkel  dan mengimbau kepada para pemilik bengkel dan kepada masyarakat yang berada di bengkel untuk selalu waspada. Contohnya dengan mengunci ganda kendaraan, menyimpan kendaraan di tempat aman, selalu menempatkan kunci motor di tempat yang kiranya aman saat berada di rumah. Kasat Samapta menambahkan  jangan mudah percaya dengan penjual onderdil eceran ataupun pada penjual kendaraan bekas yang menjual kendaraan dengan nilai jual dibawah harga standar. Dikhawatirkan itu dari hasil curian," jelasnya.

Iptu Urip Basuki juga berpesan agar pemilik bengkel  agar tidak memberikan peluang dan membantu pelaku curanmor dengan merubah bentuk maupun nomor rangka atau nomor mesin kendaraan. Termasuk juga waspada terhadap gelagat orang mencurigakan yang ada di sekitar bengkelnya untuk segera melaporkan ke pihak berwajib. Selain itu, patroli dialogis ini dilakukan sebagai upaya untuk pendekatan Polri dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat dan mampu menciptakan komunikasi sebagai wadah silaturahmi dan kedekatan Polri dengan masyarakat,” pungkasnya.(HMS Polres)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar