Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat, Babinsa dan Aparat Desa harus Bersinergi

Dirsismet Pusterad, Brigjen TNI Achmad Said.jpg

KBRN-Malinau : Pembinaan Teritorial adalah pembinaan terhadap segenap sumber daya nasional yang berada dalam batas wilayah geografis tertentu untuk mendukung kepentingan nasional, termasuk di dalamnya kepentingan pertahanan. Seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer.

Karena itu, kata Direktur Sistem Metode dan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dirsismet Pusterad) Mabes TNI. Brigjen TNI Achmad Said selama berkunjung ke Kabupaten Malinau juga sebagai upaya pembinaan teritorial kewilayahan. Khususnya di Kodim 0910/Malinau.

Pembinaan territorial lebih diarahkan pada penegasan secara pokok tugas-tugas para Bintara Pembina desa (Babinsa) yang meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. “Semua itu butuh sinergitas antara Babinsa dan pemerintah desa dan kecamatan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Adanya tugas-tugas tersebut, Brigjen TNI Achmad Said menegaskan, Babinsa, Babinkamtibmas dan aparat desa serta aparat kecamatan harus bersinergi di lapangan. “Karena semuanya itu dalam upaya untuk menjaga ketahanan dan keamanan wilayah dan untuk kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dalam tugas Babinsa itu meliputi banyak aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya. Aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau gabungan.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar