34 Bintara Remaja Baru Ikuti Tradisi Penerimaan Bintara

Tradisi penerimaan Bintara baru di POlres Malinau.jpg

KBRN – Malinau : Sebanyak 34 bintara remaja Polri terdiri 32 polisi laku dan 2 polisi wanita (polwan) yang ditempatkan di Mapolres Malinau disambut dengan upacara penerimaan.   Kapolres Malinau AKBP Reza Pahlevi, S.I.K memimpin langsung upacara Tradisi penerimaan dan penyambutan Bintara Remaja Polri Angkatan 46 dan Polwan Angkatan 50 Tahun 2022 dihalaman Mapolres Malinau, Senin (17/1/2022) pagi. Kasat Samapta Polres Malinau, Iptu Urip Basuki menjadi Perwira pacara dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Ipda Dedi Priyanto, yang turut dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres Malinau, Waka Polres, Kabag, Kasat, Perwira Staf, anggota serta PNS Polres Malinau serta Bhayangkari Cabang Malinau.

Sebelumnya, para bintara remaja melaksanakan kegiatan pembinaan tradisi dengan berlari dari barak Polres Malinau dengan Jalur yang sudah ditentukan. Kemudian masuk kolam di belakang Kediaman Kapolres Malinau, dan masuk merayap di parit yang ada di lingkungan Polres Malinau. Penyiraman air bunga dilakukan oleh Kapolres Malinau serta Ketua Bhayangkari Cabang Malinau kepada perwakilan bintara baru, dan dilanjutkan penyiraman air bunga oleh para perwira Polres Malinau kepada seluruh bintara remaja baru.

Kapolres Malinau mengungkapkan, tradisi penyambutan bintara remaja ini merupakan sebuah awal dari proses pelaksanaan pembinaan karir. Tujuannya, tidak lain guna mempererat jiwa korp Bhayangkara bagi personel Polri yang baru menyelesaikan pendidikan. Dengan harapan agar nantinya dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu serta pendidikan mental yang diperolehnya dengan materi yang diterima di SPN dapat diterapkan di kesatuan dan dimanapun tempat bertugas. Karena, dalam setiap pelaksanaan tugas, polisi selalu berhadapan langsung dengan masyarakat. Ini juga yang nantinya akan sangat menentukan baik buruknya citra polri dimata masyarakat. “Pembinaan tradisi juga mempunyai arti dan makna bahwa sejak hari ini, para bintara remaja telah resmi menjadi keluarga besar Polres Malinau yang dituntut untuk menjadi tauladan bagi personel lainnya,’’ tutur Kapolres

Dalam pelaksanaan orientasi di Polres Malinau, nantinya setiap bintara remaja akan didampingi bintara senior selaku bintara mentor, dimana 1 orang bintara mentor akan mendampingi 1 bintara remaja dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

kapolres malinau berharap, “kepada para bintara mentor, saya perintahkan agar dapat menjalankan tugas ini dengan sepenuh hati serta memberikan contoh dan tauladan yang baik, serta senantiasa menularkan ilmu-ilmu kepolisian yang positif untuk menjadikan bintara remaja ini menjadi bintara remaja yang smart, baik dari segi pengetahuan, sikap perilaku dan keterampilan sehingga para bintara remaja ini mampu menghadapi tantangan tugas dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya, karena peran bintara mentor merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan tugas bintara remaja kedepannya.,” tuturnya. (***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar