Keamanan Berbasis IT Siap Diterapkan Lapas Tarakan

KBRN, Tarakan : Tidak mau kalah dengan perubahan zaman, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tarakan, bakal menerapkan keamanan berbasis teknologi di sektor kunjungan. 

Kepala Lapas Kelas II A Tarakan, R.B.Danang Yudiawan mengatakan, sistem keamanan berbasis Information dan Technology (IT) sudah saatnya di terapkan pada sektor keamanan kunjungan. Nantinya keluarga yang mengunjungi narapidana atau tahanan yang berada di Lapas, terlebih dahulu akan di scan sidik jarinya. 

"Hal utama perubahan ke arah IT akan terlihat pada pengamanan kunjungan. Saat ini, alat deteksi berbasis IT sudah tiba di Lapas dan siap untuk di pasang. Jadi nantinya lalu lintas orang di Lapas menggunakan alat berbasis IT," kata Danang, Minggu (6/1/2019). 

Danang membeberkan, nantinya alat tersebut akan mengkoneksikan, pengunjung saat kelapas akan bertemu dengan narapidana dan tahanan atas nama siapa."Pengunjung akan diminta identitasnya dan siapa yang di kunjungi, lalu semuanya masuk dalam data base, dan saat akan meninggalkan lapas dicek melalui finger prin, sehingga terdeteksi apakah yang keluar dari lapas pengunjung atau warga binaan,” tutup Danang. (jn) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00