Dua Kurir Antar Provinsi Berhasil Diungkap BNNP Kaltara

KBRN, TARAKAN : Dua orang dari Kalimantan Timur berinisial SP dan PL terpaksa di ringkus Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara, di Desa Binai, RT 13 Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan pada 25 November lalu.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara Brigjen Pol Herry Dahana, melalui Kabid Pemberantasan AKBP Deden Andriana membenarkan penangkapan dua orang kurir sabu itu dengan barang bukti sabu sebanyak 13 bungkus.” Satu bungkusnya masing-masing seberat 50 gram. Modusnya, mereka mengambil sabu di Pelabuhan Tanjung Selor. Setelah menerimanya kedua kurir yang merental mobil ini akan membawa sabu itu ke wilayah Kaltim,” ungkap deden, Selasa (3/12/2019).

Kedua kurir ini kata Deden, ada hubungan keluarga, diketahui pelaku SP merupakan ipar dari PL. Keduanya mengambil sabu ini atas perintah dari seorang narapidana di Lapas Samarinda.

“Mereka berdua dijanjikan upah sebesar Rp 15 Juta rupiah. Keduanya menyewa mobil rental dan berpura-pura sebagai sopir travel menjemput penumpang di Pelabuhan kayan Tanjung Selor, Bulungan. Saat keduanya singgah rumah seseorang di desa Binai kami langsung melakukan penggerebekkan. Untuk mobil kita titipkan di Bulungan. sementara barang bukti uang Rp1.216.000 diduga merupakan uang muka untuk mengambil sabu,” terangnya.

Lanjut Deden, dari pengakuan keduanya sudah dua kali meloloskan sabu ke Kaltim dengan cara yang sama. Namun hubungan kedua pelaku dengan seorang narapidana di lapas tidak saling mengenal, Karena Napi itu menggunakan kurir lain untuk berkomunikasi dengan kedua pelaku.

“Kalau barang itu sampai di kaltim akan di jemput lagi kurir lain yang mengantarkannya ke narapidana lapas. Kita akan melakukan pengembangan ke narapidana ini. Sementara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Kedua pelaku kita jerat Pasal 112 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 undang undang no. 35 tahun 2009 subsider pasal 114 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1,” tuntasnya. (rt20)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00