Hindari Pungli, Disdukcapil Tarakan Pangkas Birokrasi Pengurusan Pindah Domisili

KBRN, Tarakan : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tarakan, memangkas proses pengurusan surat pindah domisili, dengan tidak lagi mencantumkan surat pengantar RI dan Kelurahan, cukup langsung membawa KK ke Disdukcapil untuk diproses.

Sekretaris Disdukcapil Kota Tarakan, Hamsyah menegaskan penerapan tersebut sudah dilakukan sejak oktober 2018 lalu, dengan adanya surat edaran dari Menteri Dalam Negeri Republik Indoensia nomor 471.12/18749/Dukcapil pertanggal 10 Oktober 2018.

“Di dalam surat tersebut terdapat mekanisme layanan surat pindah penduduk, hanya membawa KK, kartu tanda penduduk elektronik, daerah tujuan, pihaknya akan langsung menerbitkan surat keterangan pindah, atau sebalik pendatang yang akan pindah ke Tarakan,” Ungkap Hamsyah Minggu (27/1/2019).

Dengan adanya program ini, dapat memutus mata rantai penggunaan calon serta menghindari pungutan liar (pungli), kerap menjadi permasalahan di beberapa daerah, dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab, memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat.

“Hal ini juga untuk mempermudah para pendatang yang sudah lama bermukim di Tarakan, tapi masih menggunakan e-KTP dari daerah asal, bisa kami uruskan dengan memindahkan NIK dan NKK dari daerahnya, sehingga bisa kami terbitkan e-KTP Tarakan”. Jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00