Kejar Herd Immunity, BIN Vaksinasi Para Lansia di Pesisir Tarakan

KBRN,TARAKAN : Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Utara (BINDA Kaltara) terus gencar m melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19 baik pertama, kedua maupun booster. Hampir setiap hari, gerai gerai vaksin dibuka di setiap titik wilayah Kota Tarakan dan vaksin door to door. 

Pada Senin 4 Juli 2022, sasaran akselerasi vaksinasi Binda Kaltara digelar di dua titik yakni di Kelurahan Mamburungan dan di Jalan Tanjung Pasir, Kota Tarakan. Kegiatan ini terlaksana dengan baik atas kerja sama KKP Kota Tarakan, Dinkes Kota Tarakan, Kelurahan Mamburungan dan Karang Taruna Kota Tarakan. 

Kabinda Kaltara Brigjen TNI Sulaiman mengaku dengan menggandeng sejumlah stakeholder, antusiasme masyarakat begitu besar dalam mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan BIN. 

“Hingga saat ini antusiasme masyarakat masih tinggi. Buktinya setiap kali BIN menyelenggarakan vaksinasi, masyarakat yang datang relatif selalu banyak. Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat terus meningkat,” kata Kabinda Kaltara Brigjen TNI Sulaiman, Senin (4/7/2022).

BINDA Kaltara pun mengaku terus berupaya mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi serta terus menerus mensosialisasikan pentingnya divaksin guna menjaga kekebalan tubuh. Karenanya dibutuhkan edukasi secara intensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya mempertahankan imun tubuh.

“Intinya, kami terus mendorong, bekerja sama dengan pemerintah daerah agar akselerasi vaksin ini tercapai. Vaksinasi sangat penting bagi masyarakat, baik dosis 1,2, dan booster. Karenanya, kami tidak bosan-bosan mengajak semua pihak untuk mengikuti vaksinasi,” kata Brigjen TNI Sulaiman.

Sementara Kepala Lurah Mamburungan, Siti Nurdiyanah mengucapkan terima kasih kepada Binda Kaltara atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi kali ini. "Kami ucapkan terima kasih kepada Binda Kaltara, Pemkot Tarakan dan Karang Taruna yang bersedia melakukan vaksinasi," ujarnya.

Ia pun mengaku masyarakat di wilayah Mamburungan sangat terbantu dengan adanya kegiatan vaksinasi BIN. "Terutama lansia karena ini kan dilakukan secara door to door, jadi petugas langsung datang ke rumah para lansia. Kami sangat berterima kasih karena yang dibagi tidak hanya vaksin 1 dan 2, tapi juga booster," ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengaku sangat terharu karena BIN mau melaksanakan giat vaksinasi di Mamburungan. "Wilayah kami kan cukup jauh dari pusat kota dan juga masuk wilayah pesisir. Kami juga berharap agar kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan karena untuk wilayah pesisir seperti kami sangat membantu," ujarnya. 

Sementara perwakilan KKP Kota Tarakan, dr Kristianto melihat antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi sangat baik. "Tentunya kami siap mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Kota Tarakan. Jadi kegiatan ini terus kita lakukan dan efektifkan. Salah satunya dengan door to door yah. Melalui cara ini, warga yang memiliki kesulitan datang tentu akan dimudahkan," kata dia. 

"Saya juga berpesan kepada masyarakat ayo melakukan vaksin. Demi menjaga diri sendiri dan keluarga kita," ujarnya. (CRZ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar