BPBD Bulungan Bentuk Relawan Masyarakat Peduli Api

KBRN, Bulungan : Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berulang setiap tahun menjadi salah satu dasar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulungan membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA).

Plt Kepala BPBD Bulungan, Darmawan, S.sos menyampaikan hal itu dalam pembentukan MPA di Desa Wonomulyo, Desa Metun Sajau, Desa Pura Sajau dan Desa Sajau Hilir di Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Jumat (27/5/2022).

Terdapat 15 orang tiap desa yang dibentuk sebagai MPA untuk mengantisipasi karhutla, dengan meningkatkan pengawasan, pencegahan, pemadaman awal serta meningkatkan kepedulian masyarakat desa agar melakukan pengendalian karhutla dengan sukarela.

“Termasuk memberikan informasi kejadian karhutla serta mendukung upaya pemadaman yang dilaksanakan BPBD Bulungan,” ujarnya.

Dijelaskan karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Utara, yaitu di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau telah menjadi perhatian Nasional. Disebutkan pernah terjadi karhutla seluas 50 hektare yang hampir menimbulkan korban jiwa.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak bisa hanya dilakukan oleh 1 institusi saja tetapi harus ada keterlibatan masyarakat,” tandasnya. Dilanjutkan, pada Juni 2022, BPBD Bulungan rencananya menjalin MoU (nota kesepakatan) dengan 31 perusahaan dalam upaya kerjasama mengantisipasi karhutla. Saat ini sudah terdapat 6 desa di Bulungan yang memiliki MPA.

Diskominfo Bulungan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar