PKK Memiliki Peranan Penurunan Stunting dan Bulan Imunisasi

KBRN, Bulungan : Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bulungan melaksanakan sosialisasi upaya percepatan penurunan stunting serta Bulan Imunisasi Anak Nasional di Aula Rumah Jabatan Bupati Bulungan di Jl Jelarai Raya, Tanjung Selor pada Rabu (25/5).

Sosialisasi dilaksanakan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang diikuti 81 peserta TP PKK desa dan kelurahan di Bulungan, dilanjutkan dengan rekomendasi kerja oleh TP PKK kecamatan kepada Ketua TP PKK Bulungan, Sri Nurhandayani, S.Pd.

Ketua TP PKK Bulungan, Sri Nurhandayani menuturkan, Upaya penurunan stunting dilaksanakan dengan strategi nasional melalui pendekatan keluarga beresiko stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.

"Rencana aksi nasional penurunan stunting meliputi penyediaan data keluarga beresiko stunting, pendampingan keluarga beresiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon PUS (Pasangan Usia Subur), surveilans atau pengawasan keluarga beresiko stunting dan audit kasus stunting," Jelasnya.

Untuk Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Bulungan yang dimulai sejak Mei 2022 melaksanakan strategi antara lain bekerjasama dengan kepala desa, ketua RT/RW, guru dan kepala sekolah, kader Posyandu dan Dasawisma setempat.

"Promosi BIAN terintegrasi dengan imunisasi rutin dan vaksinasi Covid-19, menyelenggarakan layanan imunisasi di tempat layanan dan membuka pos layanan baru, mengoptimalkan pelayanan imunisasi di sekolah, serta melibatkan berbagai organisasi profesi, keagamaan, kemasyarakatan hingga lembaga yang menangani anak dengan kebutuhan khusus," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar