SKK Migas dan JOB Simenggaris Tanam 1.100 Bibit Tanaman Buah

KBRN, Tana Tidung : Lingkungan yang hijau merupakan lingkungan yang sehat karena saat ini sulit ditemukannya pekarangan yang hijau karena banyaknya pembangunan yang dilakukan terutama di area perkotaan.

Bertepatan dengan hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 November, JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) melaksanakan program penghijauan dengan memberikan bantuan sebanyak 1.100 bibit dan melakukan penanaman serentak bersama SKK Migas Perwakilan Kalimantan-Sulawesi serta masyarakat Desa Sambungan Selatan Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung pada Rabu (1/12). 

Program penanaman serentak ini merupakan salah satu dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) JOB Simenggaris yang merupakan tindak lanjut dari program pelatihan UMKM "Pengayaan Bibit Secara Vegetatif dengan Metode Cangkok/ Okulasi" yang sudah dilaksanakan pada November 2021 lalu, sehingga diharapkan ilmu yang telah didapatkan pada pelatihan sebelumnya dapat diimplementasikan dalam program Penghijauan ini. 

Bantuan sebanyak 1.100 bibit terdiri dari bibit pucuk merah, bibit cangkok jeruk nipis, bibit cangkok jeruk manis, bibit jambu keristal, dan bibit rambutan. Pemberian bantuan ini dilakukan untuk mempertahankan perputaran ekonomi petani lokal dan juga memberikan wawasan bahwa bidang pertanian memiliki prospek untuk dibudidayakan dari segi ekonomi dan juga dapat membantu dalam menjaga lingkungan agar tetap asri sehingga menciptakan udara yang bersih serta berdampak pada kesehatan masyarakat.

Disamping itu, program ini memberikan perspektif kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Tana Lia untuk mulai mengembangkan industri pertanian yang bertujuan untuk dapat mempertahankan ketahanan pangan. 

"Dengan ilmu yang sudah didapatkan dalam pelatihan sebelumnya, masyarakat sudah mulai dapat mengembangkan industri pertanian dan juga dapat menjadikan contoh untuk memulai gerakan menanam pohon kepada masyarakat lainnya sehingga lambat laun kegiatan positif ini dapat diterapkan dan menciptakan Kecamatan Tana Lia yang hijau dan juga asri", ujar Bayu Anggara, perwakilan JOB Simenggaris.

Program ini disambut baik oleh masyarakat sehingga diharapkan dapat memaksimalkan bantuan yang diberikan untuk kepentingan bersama sehingga manfaatnya dapat di rasakan oleh seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Tana Lia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar