Bangun TPS 3R di Bulungan Kolaborasi APBN, APBD Serta Dana Pemerintah Desa

Peletakan batu pertama pembangunan TPS 3R .jpg

KBRN,  Tanjung Selot : Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si meletakkan batu pertama pembangunan TPS 3R (Tempat Pembuangan Sementara Reduce, Reuse, Recyle) di samping pasar Desa Jelarai Selor.

Pembangunan dilaksanakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan.

“Semoga fasilitas-fasilitas yang dibangun ini bisa bermanfaat dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat,” ucap Bupati. 

Dilanjukan, Pemkab Bulungan sangat menyambut positif kerjasama dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Utara dan berharap ke depan kerjasama dapat ditingkatkan. Termasuk kerjasama dengan Balai lainnya yang memiliki wilayah kerja di Kabupaten Bulungan karena akan membantu mempercepat pembangunan.

Dijelaskan, sumber dana pembangunan TPS 3R yang lokasinya berdampingan dengan Pasar Desa Jelarai Selor berasal dari APBN, APBD serta dana pemerintah desa. Dana APBN digunakan untuk biaya investasi dan sarana pada TPS 3R. Lalu dana APBD digunakan untuk kebutuhan biaya operasional dan pemeliharaan TPS 3R.

"Ada pula dana pemerintah desa antara lain untuk sosialisasi tingkat desa, pemeliharaan sarana sanitasi serta pembentukan dan pembinaan Kelompok Swadaya Masyarakat," Tuturnya. 

Pembangunan juga memberdayakan masyarakat dalam bentuk antara lain tenaga kerja, lahan, material/bahan, peralatan, konsumsi dalam proses konstruksi, serta iuran sampah dan pemilahan sampah paska konstruksi.

Seperti diketahui, TPS 3R diarahkan kepada konsep Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (daur ulang) yang dilakukan untuk melayani suatu kelompok masyarakat. Penanganan sampah dengan pendekatan infrastruktur TPS 3R ini lebih menekankan kepada cara pengurangan, pemanfaatan dan pengolahan sejak dari sumbernya. (Rst) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00