PDI P, Gerindra dan Hanura Kaltara Raih Kursi Sama di DPRD Kaltara

KBRN, Tanjung Selor : PDI Perjuangan, Gerindra dan Hanura, berhasil menempatkan masing – masing 5 kadernya duduk di DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dari 35 Kursi yang diperebutkan.

Hal tersebut terungkap dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota DPRDD Provinsi Kaltara Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, dipimpin langsung Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, di Hotel Crown Tanjung Selor Senin (22/7/2019).

Selain 3 Partai Tersebut, Partai Golkar dan Partai Demokrat meraih 4 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 3 Kursi, untuk Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional berbagi 2 kursi, Sedangkan Perindo, PPP dan PBB masing – masing 1 kursi.

Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami menegaskan, semua hasil yang ditetapkan akan menjadi acuan bagi pemerintah dan sekretaris DPRD Kaltara, untuk mengusulkan proses pelantikan, sehingga ini menjadi puncak pelakanaan pemilu 2019 di tingkat KPU Kaltara.

“hasil ini kita serahkan kepada masing – masing partai politik peserta pemilu, kemudian kepada bawaslu kaltara, KPU RI, Pemerintah dan Sektretaris dewan, untuk apa, selanjutnya kewenangan dari Pemerintah Daerah mengajukan usulan untuk diterbitkan surat keputusan yang kemudian dilakukan pelantikan calon terpilih,” Tegas Suryanata Al Islami.

Hal Senada diungkapkan, Ketua Bawaslu Kaltara Siti Nuhriyati, proses rapat pleno berjalan lancar, meskipun ada masukan dari Partai Politik, tidak mengurangi subtansi dari hasil penetapan yang dilakukan KPU Kaltara.

“Alhamdulilah teman-teman KPU Kaltara bisa melakukan penetapan, perolehan suara dan calon yang terpilih, sejauh ini sudah sesuai dengan mekanisme sudah berjalan dengan baik, meskipun tadi ada beberapa pertanyaan yang timbul itu bagian dari dinamika politik, namun semua lancar dan ditanda tangani saksi partai politik yang hadir”, Jelasnya.

Selain KPU Kalimantan Utara, Senin (22/7/2019), Kabupaten/Kota di Kaltara yakni Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinan dan Kabupaten Tana Tidung melakukan rapat pleno yang sama.(Rst)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00