KPU Tarakan : 400 an Napi Masuk DPT Dari 885 Yang Punya NIK

KBRN, Tarakan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, menemukan 400 an nama warga binaan lapas Kelas IIA Tarakan dari 885 Orang yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), ditemukan dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin menjelaskan, pihaknya masih terus melakukan kroscek data yang diberikan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) Kota Tarakan, untuk mencari jalan keluarnya.

“Untuk yang sudah ditemukan masuk DPT, akan segera dipriortiaskan dulu masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), karena memenuhi persyarakat sesuai ketentuan,” Penjelasan itu diungkapkan Nasruddin saat ditemui diruang kerjannya rabu (13/3/2019).

Ditambakannya, bagi 400 narapidana yang sudah memiliki Nik, namun belum masuk DPT, masih akan dilakukan pengecekan secara terus menerus, sebelum penetapan 17 Maret mendatang.

“siapa tahu ada yang beda huruf, beda Nik atau tanggal dan tempat kelahiran ada kesalahan, sementara orangnya sama, ini yang akan terus di perhatikan,” tagasnya.

Namun kami sebagai komisioner KPU berharap, semua warga binaan lapas yang merupakan warga Negara Indonesia, bisa menyampaikan hak pilihnya, terkait nantinya sudah memiliki NIK, namun tidak masuk dalam DPT, akan dikonsultasikan ke KPU Provinsi dan KPU RI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00