Bawaslu Temukan Surat Suara Rusak Saat Pelipatan

KBRN, Tarakan : Badan Mengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tarakan mengerahkan lebih dari 10 Personil untuk melakukan pengawasan proses pelipatan dan sortir surat suara pemilu 2019 yang dilakukan KPU.

Komisioner Bawaslu Kota Tarakan, M. Zulfauzi Hasly kepada RRI menjelaskan, pengawasan dilakukan terkait dengan siapa yang dilibatkan menjadi petugas, jumlah surat suara yang dilipat termasuk kerusakan surat suara.

“Dari senin (4/3/2019) kita sudah turunkan tim melakukan pengawasan secara bergantian, karena proses pelipatan dilakukan tiga sesi yakni pagi, sore dan malam hari, sehingga setiap sesi kita tempatkan pengawas,” Jelas Zulfauzi Selasa (5/3/2019)

Dalam pengawasan, Menurut Zulfauzi dari laporan para petugas, selama dua hari masih melipat untuk jenis surat suara DPR RI dan DPD, berjalan sesuai dengan ketentuan.

“Kita mendapatkan laporan ada beberapa kertas surat suara yang masuk ketegori rusak, seperti kondisi robek, bercak tinta dan beberapa hal lainnya sehingga dipisahkan yang jumlahnya belum dilakukan perhitungan,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin membenarkan, ada surat suara rusak yang ditemukan petugas pelipatan, namun jumlahnya belum direkap secara keseluruhan.

“hari ini kita masih melakukan pelipatan untuk surat suara DPR RI dan DPD, melanjutkan pelipatan surat suara yang dilakukan dihari pertama,” Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00