KPU dan Bawaslu Malinau Mulai Pemeriksaan Nama Ganda Pengurus Parpol

Ketua KPU Malinau, Lasinias.jpg

KBRN – Malinau : Pendaftaran partai politik melalui system informasi partai politik (Sipol) saat ini sudah berakhir secara nasional. Tahapan selanjutnya, KPU mulai melakukan pemeriksaan data-data ganda terhadap para pengurus parti politik di tingkat daerah berdasarkan data sipol tersebut

Hal itu disampaikan ketua KPU Malinau, Lasinias kepada RRI terkait kegiatan KPU di daerah setelah selesai pendaftaran parpol melalui Sipol di KPU Pusat beberapa hari lalu. Karena  KPU pusart sendiri sampai saat ini belum membuka Sipol di daerah. “KPU pusat baru mengumumkan 24 parpol yang sudah memenuhi berkas persyaratan,” ungkap Lasinias.

Menurut Lasinias, KPU Kabupaten Malinau melalui divisi teknis akan melakukan pemeriksaan terhadap datat-data nama pengurus parpol dari Kabupaten Malinau. Terutama partai-partai yang sudah terdaftar dan memenuhi persyaratan. “Sesuai data pusat terdapat lebih dari 5.000 orang Malinau menjadi pengurus partai yang masuk dalam Sipol itu,” sebut Lasinias kepada RRI saat diwawancara RRI terkait kegiatan KPU saat ini.

Yakni, sambung Lasinias, KPU akan melakukan melihat data nama-nama ganda pengurus partai. “Artinya, dari nama-nama yang ada di partai itu terdaftar sebagai pengurus juga di partai lainnya. Tukasnya.

Terpisah, Suriansyah, Anggota Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Malinau Divisi bidang Hukum dan Sengketa saat dikonfirmasi RRI Jumat, (19/8/2022) sore menegaskan, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pengawasan nama-nama ganda kepengurusan parpol dalam Sipol tersebut. “Termasuk  data nama-nama pengurus yang belum berusia 17 tahun maupun yang sudah meninggal tetapi masuk dalam kepengurusan partai itu juga kita cemati,” ungkapnya.

Suriyansyah juga menegaskan, Bawaslu juga diberikan kewenangan mengakses ke Sipol. Sehingga, melalui data Sipol itu Bawaslu akan melihat langsung nama yang ada di sipol itu. “Berdasarkan  SK nomor 19 Bawaslu, Bawaslu di Kabupaten dan kota membentuk tim klarifikasi dan akan terjadwal sampai pada batas akhir pelaksanaan verifikasi adiminstrasi yang setiap hari ada laporanya,” tukasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar