Maksimalkan MPP, Personil OPD di Siapkan

KBRN, Bulungan : Bupati Bulungan, Syarwani, meminta lembaga maupun instansi yang telah bergabung dengan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bulungan agar menempatkan personel untuk bertugas. Tercatat dari 16 instansi yang telah bergabung baru 7 yang aktif dengan menempatkan petugas untuk melayani masyarakat.

Hal itu terungkap dalam rapat pembahasan Mall Pelayanan Publik di ruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bulungan di Jl Kol Soetadji, Tanjung Selor, dipimpin Bupati Bulungan bersama Sekretaris Daerah, Risdianto, SPi, M.Si. Dipaparkan, sebanyak 7 instansi yang aktif yaitu DPMPTSP, Bank Kaltimtara, Taspen Mandiri, BPJS Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Pertanahan / Badan Pertanahan Nasional serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sementara, instansi dan OPD yang dinilai tidak aktif atau belum menempatkan personel untuk bertugas di MPP yaitu LPPOM MUI, Kanwil Kemenag, Samsat, BRI, BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pekerjaan Umum, Kanwil DJP (Direktorat Jenderal Pajak) Kaltim – Kaltara serta BP2RD (Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah).

“Instansi atau lembaga dan OPD yang belum atau kurang aktif agar dapat segera aktif memberikan pelayanan, termasuk penempatan petugas,” pesan Bupati.

Diingatkan, keberadaan MPP sangat penting di Kabupaten Bulungan untuk memudahkan masyarakat mengurus berbagai perijinan.

Selain itu, belum semua daerah kabupaten kota telah memiliki MPP. Dari hasil evaluasi uji coba pelayanan di MPP sekitar 10 bulan sejak Juli 2021 – April 2022 disimpulkan selain belum menempatkan petugas, ada pula jenis pelayanan yang tidak tuntas atau selesai diberikan, serta perlunya penjajakan perjanjian kerjasama baru termasuk kepada instansi yang harus melibatkan instansi lain seperti Samsat yang harus bersama Polda agar bisa berjalan.

Sementara jumlah pengunjung MPP Kabupaten Bulungan pada Juli – Desember 2021 sebanyak 2.886 pengunjung dan Januari – April 2022 sebanyak 1.324 pengunjung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar