Berikan Catatan, DPRD Terima LKPJ Pemkab Bulungan

KBRN, Bulungan : DPRD Kabupaten Bulungan, memberikan rekomendasi berupa catatan, pendapat dan saran atas kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan tahun 2021. Dengan tetap menyatakan dapat menerima Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Bulungan tahun anggaran 2021 dalam rapat paripurna di Ruang Sidang Datu Adil pada Selasa malam (17/5). 

Ketua DPRD Bulungan, Kilat, A.Md dalam rekomendasi tertulis DPRD menyampaikan apresiasi peningkatan kegiatan di bidang pendidikan. Namun ada beberapa kegiatan yang perlu mendapat perhatian khusus yang pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di antaranya kegiatan rehabilitas bangunan sekolah SMP Negeri 3 Bunyu serta beberapa bangunan lainnya di beberapa wilayah kecamatan Kabupaten Bulungan.

“Pemkab juga perlu menyikapi instruksi dari Kemenpan RB terkait status Tenaga PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang mulai diberlakukan pada tahun 2023 dengan tetap memperhatikan kemampuan keuangan daerah,” pesannya. Dilanjutkan, pembangunan infrastruktur bangunan dan jalan di tahun 2021 mengalami peningkatan dan perlu terus ditingkatkan.

Lalu untuk menghindari terjadinya keterlambatan dalam pelaksanaan program kegiatan yang dibiayai APBD Kabupaten, Pemkab diminta untuk semaksimal mungkin lebih awal di dalam proses penetapan Perda pelaksanaan ABPD, minimal pada bulan Maret harus sudah dilaksanakan proses pengadaan barang jasa, guna percepatan penyerapan APBD.

Selain itu, Pemkab diminta untuk lebih memaksimalkan peran dan fungsi tim pengendalian harga kebutuhan pokok masyarakat, terutama menjelang peringatan hari – hari besar keagamaan, guna menghindari terjadi inflasi yang sangat tinggi.

Pemkab juga diminta mengkoordinasikan ke pihak terkait, dalam mewujudkan program perkebunan plasma, ganti rugi lahan warga termasuk di lokasi KIPI (Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional) Tanah Kuning – Mangkupadi. Beberapa rekomendasi lainnya juga disampaikan DPRD Bulungan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar