Malinau Targetkan Pelajar Putri Masuk Paskibra Tingkat Pusat

Para siswa siswa SMK dan SMK di Malinau saat mengikuti upacara pembukaan seleksi calin paskibra provinsi dan Pusat Selasa (17/5/22) pagi di stadion utama Malinau.jpg
Para siswa putri saat mengikuti proses pengukuran tinggi dan timbang badan pada Selasa (17/5/22) pagi.jpg

KBRN-Malinau - Meski upacara 17 Agustus tahun 2022 masih ada waktu lebih kurang tiga bulan lagi ke depan, namun pelaksanaan rekrutmen calon anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) baik tingkat provinsi maupun nasional sudah dilakukan Selasa (17/5/22) pagi. Di Kabupaten Malinau, sebanyak 36 siswa siswa ikut dalam seleksi calon paskibra tersebut yang digelar di gedung stadion utama Malinau oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Malinau bekerjasama dengan Kodim 0910/Malinau dan Polres Malinau serta Purna paskibra Indonesia Kabupaten Malinau.

Kepala Seksi Kelembagaan Pengembangan dan Kaderisasi Pemuda, pengurusan Paskibra dan Urusan Kepemudaan pada Dispora Malinau, Rubianto Lubis kepada RRI mengunkapkan, pesertanya 36 orang terdiri 25 putra dan 11 putri dari 5 sekolah. Yakni dari sekolah SMAN 1, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 8 dan SMK negeri 2. “Nanti kita akan seleksi dan kita ambil 5 putra dan 5 putri. Karena waktunya sangat mepet, mereka akan kita kirim ke provinsi dan akan berangkat hari minggu tanggal 22 untuk dilatih di provinsi kaltara,” terang Rubianto Lubis.

Dalam proses seleksi tingkat provinsi ini, sambung Rubianto, juga dipersiapkan untuk calon peserta paskibra tingkat nasional. Karena sejak tahun 2017 lalu hingga saat ini baru satu yang lolos ke tingkat nasional di tahun 2018. “Karena itu, diharapkan tahun 2022 ini Kabupaten Malinau kembali ada yang mewakili ke tingkat nasional,” ungkapnya.

Terutama untuk peserta yang wanita, karena kata Rubianto Lubis, calon peserta paskibra dari Kabupaten Malinau fisiknya lebih kuat disbanding daerah lain. Sedangkan untuk calon peserta pria justru lebih banyak saingan dari daerah lain. “Karena itu, kita harapkan ada paskibra putri tahun ini yang masuk ke tingkat nasional dan yang lainnya bisa lolos ke tingkat provinsi. Kalaupun tidak lolos, tetap kita rekrut dan kita latih untuk menjadi paskibra di tingkat Kabupaten nantinya,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar