Tak Bebani APBD, 500 Calon Mahasiswa Gratis Kuliah di UPA

KBRN, Kaltara : Rencana perjanjian kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan Universitas Patria Arta (UPA) Gowa Sulsawesi Selatan disebut masih dalam proses penjajakan.

“Dalam hal ini pihak UPA nantinya murni hanya membantu para calon Mahasiswa tanpa membebankan APBD kita sepeserpun untuk beasiswa, ” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, Teguh Hendri Sutanto, diruang kerjanya, Rabu (12/01/2022). 

Diantara bantuan yang diberikan secara gratis oleh pihak kampus antara lain, uang kuliah (SPP) dan uang pangkal lain nya.

“Kalau biaya keberangkatan, pemondokan dan transportasi dari dan kekampus ditanggung sendiri oleh mahasiswa” ujarnya.

Artinya kerjasama sebanyak 500 orang Mahasiswa itu murni untuk percepatan sumber daya manusia (SDM) Kaltara, tanpa sepeserpun membebani anggaran pemerintah.

"Fakultas yang terbuka di UPA antara lain, kesehatan, teknik bangunan, akuntansi dan teknik elektro, ” ujarnya.

Tugas dari Disdikprov Kaltara dalam hal ini hanya mencari calon mahasiswa yang berminat kuliah di Universitas Patria Arta. Ini juga sudah dilakukan sosialisasi di sekolah-sekolah siapa saja nanti yang berminat kuliah disana.

Sementara itu, kerjasama dengan kampus Polimedia, hanya 4 orang mahasiswa dari 10 orang yang direncanakan. Sedangkan dengan Universitas Padjadjaran Bandung, belum ada, walau sudah ada kerjasama dengan Pemprov tersebut.

Sumber : Jurnal Kaltara

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar