Tanjung Selor-Tanjung Palas Belum Diperbolehkan PTM

KBRN, Bulungan : Dua kecamatan di Kabupaten Bulungan yakni Tanjung Selor dan Tanjung Palas belum diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Berdasarkan kebijakan yang ada, bagi daerah yang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berada di level 1-3 diperkenankan untuk PTM. Termasuk di Bulungan yang saat ini sudah berada di level 3.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, dua kecamatan ini boleh menggelar PTM di sekolah jika  sudah memenuhi persyaratan yang diharuskan. Dalam pelaksanaan teknis juga menyesuaikan dengan ketentuan zonasi wilayah yang ada.

“Boleh saja melakukan PTM, tapi khusus yang sudah aman. Kalau desa maupun kelurahan yang masuk zona orange (risiko sedang) Covid-19, tentunya pelaksanaan pembelajaran tatap muka belum diizinkan,” ujarnya.

Selain zonasi, kata dia, bagi pelajar usia 12 tahun ke atas sudah harus divaksin. Sejauh ini untuk vaksinasi pelajar masih terus dimaksimalkan. Secara keseluruhan, masih ada dua kecamatan yang belum melaksanakan PTM, yakni, Kecamatan Tanjung Selor dan Kecamatan Tanjung Palas.

“Khusus, untuk dua kecamatan ini kita tetap melakukan pemantauan. Apabila ada kelurahan maupun desa di Tanjung Selor dan Tanjung Palas yang relatif aman, maka pelaksanaan PTM diperbolehkan. Kita lihat perkembangan yang ada nantinya,” bebernya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Bulungan, Stim Jalung mengatakan, pelaksanaan PTM sudah berjalan dengan baik dan belum ditemukan kasus Covid-19 di satuan pendidikan.

"Pelaksanaan teknis kita serahkan sepenuhnya kepada satuan Pendidikan. Namun, sesuai surat edaran (SE) satuan pendidikan yang akan melaksanakan PTM harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari Satgas di setiap wilayah,” sebutnya.

Ada beberapa persyaratan yang harus terlebih dahulu dipenuhi untuk bisa menggelar PTM. Jika syarat itu belum dipenuhi, PTM tidak bisa dilakukan.Kemudian, pelajar maupun guru juga harus sudah divaksin. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00