Siswa SMPN 2 Malinau Kota dalam KSN Matematika Tingkat Nasional

Sumber Foto : Dokumentasi Bimbingan KSN Matematika SMPN 2 Malinau Kota.jpg

KBRN, Malinau : Kompetisi Sains Nasional (KSN) telah memasuki babak baru setelah terselenggaranya KSN tingkat Provinsi Kalimantan Utara pada 11 Oktober lalu. Pada tahapan ini, seorang pelajar SMPN 2 Malinau Kota Raffi Abya Saputra berhasil mengukuhkan dirinya di posisi lima besar peserta KSN Matematika tingkat provinsi.

Dengan demikian Raffi menjadi satu-satunya peserta KSN Matematika asal Kabupaten Malinau yang akan bersaing dengan ratusan peserta lainnya dari seluruh wilayah Nusantara pada KSN tingkat nasional yang diperkirakan akan terlaksana pada November mendatang.

Saat dikonfirmasi RRI pada Kepala SMPN 2 Malinau Kota Mekhendri pada Kamis pagi, melalui guru pembina KSN Matematika SMPN 2 Malinau Kota Amos Patiung, pihaknya mengatakan tengah mempersiapkan Raffi untuk menghadapi KSN tingkat nasional.

“Kalau bimbingan sih kita cuma bahas-bahas soal olimpiade yang sudah ada, kemudian kita seting-setingan soal yang kira-kira mana yang mengarah ke olimpiade, soal olimpiade kan agak beda dengan soal-soal keseharian, tingkatannya agak lebih sulit gitu nah, kalau target yang di provinsi kemaren tahap II pasti pengen gitu ke tahap I, yang ke nasional sih nggak target (juara) karena memang sih target kita selama ini nyampe nasional itu sudah pencapaian yang sangat luar biasa, tapi karena ini ratusan peserta, tiga ratusan atau empat ratusan peserta seluruh Indonesia kan, jadi kalau masuk lima puluh besar sudah sangat-sangat luar biasa” Ujarnya pasa Kamis (21/10).

KSN dilaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT), dimana siswa diharuskan menjawab serangkaian soal dalam waktu 90 menit.

Sedangkan KSN merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS yang diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan harapan  dapat membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00