6.273 Pelajar-Mahasiwa Dapat Beasiswa Kaltara Unggul

KBRN, Kaltara : Sebanyak 6.273 mahasiswa dan siswa menerima beasiswa Kaltara Unggul di tahun ini. Melalui APBD 2021, Pemprov Kaltara menyiapkan dana beasiswa Kaltara Unggul sebesar Rp15 miliar.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dalam sambutannya mengatakan mewujudkan Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera, Pemprov memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal demikian tak terlepas untuk mewujudkan pembangunan SDM yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, produktif serta berdaya saing dengan berbasiskan pendidikan wajib belajar dan berwawasan kebangsaan.

“Sebelum beasiswa ini diberikan, saya minta datanya harus diverifikasi dulu. Jangan sampai yang betul-betul kita berikan beasiswa, malah mereka tidak mendapatkan. Jadi saya minta data harus valid, harus benar,” jelas Gubernur.

Ketua Panitia Pelaksana Beasiswa Kaltara Unggul, Datu Iqro Ramadhan menerangkan program Beasiswa Kaltara Unggul mengacu pada Undang-Undang (UU) dan Peraturan Pemerintah yang berlaku.

Di antaranya UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Peraturan Gubernur Kaltara nomor 35 tahun 2021 tentang Pemberian Beasiswa Kaltara Unggul.

“Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus meningkatkan sumber daya manusia yang mumpuni dan unggul di Provinsi Kalimantan Utara,” tegas Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltara ini.

Ia menyebutkan Beasiswa Kaltara Ungggul bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Kaltara tahun 2021 pada DPA Biro Kesejahteraan Rakyat. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00